Antisipasi Mudik Maulid Nabi, Polri Siapkan Contra Flow di Tol Japek

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Antisipasi Mudik Maulid Nabi, Polri Siapkan Contra Flow di Tol Japek


JawaPos.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi akan terjadi lonjakan arus lalu lintas saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 Oktober-1 November 2020. Mengantisipasi itu, rekayasa lalu lintas telah disiapkan untuk mengurangi potensi kemacetan.

“Sudah kita persiapkan. Beberapa kali kita rapat dengan Jasa Marga, Dinas Perhubungan, tol, untuk menyiapkan rekayasa lalu lintas,” kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan saat dikonfirmasi, Kamis (22/10).

Rudy memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 28 Oktober. Jalur yang akan ramai diperkirakan mengarah ke Jawa melalui tol, dan ke arah Sumatera melalui pelabuhan Merak, Banten.

“Sudah kita siapkan untuk rekayasa Lalin. Nanti ada penerapan contra flow (lawan arus). Kalau jalur ke sana padat, kita ambil lajur arah Jakarta kita contra flow,” imbuhnya.

Sistem contra flow akan dilakukan dilakukan dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek. Titik tersebut diprediksi akan menjadi bottle neck karena ada pertemuan antara Tol Elevated II dan jalur bawah.

“Kembalikan lagi, ada arah yang ke Bandung di KM 66. Kalau masih padat kita terapkan mulai KM 31. Nanti pulangnya sama dari KM 61 sampai ke 47,” jelas Rudy.

Selain itu, rencananya juga akan ada pengaturan truk sumbu tiga ke atas. Namun, saat ini masih menunggu surat dari Kementerian Perhubungan.


Antisipasi Mudik Maulid Nabi, Polri Siapkan Contra Flow di Tol Japek