ICW Pertanyakan Keseriusan KPK Rezim Firli Bahuri Tangkap Harun Masiku

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

ICW Pertanyakan Keseriusan KPK Rezim Firli Bahuri Tangkap Harun Masiku


JawaPos.com – Tersangka kasus dugaan suap proses pergantian antarwaktu (PAW) Anggota DPR RI Harun Masiku belum juga berhasil ditangkap KPK. Indonesia Corruption Watch (ICW) meyakini bahwa hal ini terjadi karena pada periode kepemimpinan Firli Bahuri performa penindakan KPK menurun drastis.

“ICW juga turut mengusulkan agar Tim Satuan Tugas (Satgas) yang sebelumnya dibentuk untuk mencari Harun Masiku lebih baik dibubarkan saja. Sebab, sampai saat ini efektivitas dari tim tersebut tidak kunjung terlihat,” kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Jumat (23/10).

ICW meminta, pimpinan KPK semestinya juga mengevaluasi kinerja dari Deputi Penindakan. Sebab Deputi Penindakan adalah pihak yang seharusnya paling bertanggung jawab atas buruknya performa Tim Satuan Tugas pencarian Harun Masiku.

Terlebih, Dewan Pengawas juga diharapkan dapat bertindak untuk turut menyikapi polemik ketidakjelasan kinerja KPK dalam menangkap Harun Masiku.

“Misalnya dengan memanggil Ketua KPK dan Deputi Penindakan untuk dimintai keterangan terkait kendala-kendala apa saja yang dihadapi untuk dapat menemukan dan menangkap Harun Masiku,” tegas Kurnia.

Sementara itu, Deputi Penindakan KPK Karyoto menegaskan penyidik KPK masih berada di lapangan untuk memburu Harun Masiku yang merupakan tersangka pemberi suap kepada eks Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi.

“Saya apresiasi ke tim (yang menangani kasus) Nurhadi sampai saat ini masih menjadi DPO yang satu (Hiendra), dapat dibilang pengejarannya dari kota ke kota, dari waktu ke waktu, saya sampaikan yang ngejar tersangka pemberinya ini masih di lapangan,” tegas Karyoto.


ICW Pertanyakan Keseriusan KPK Rezim Firli Bahuri Tangkap Harun Masiku