Sebanyak 600 Kali Gangguan Listrik di Jatim akibat Layang-Layang

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sebanyak 600 Kali Gangguan Listrik di Jatim akibat Layang-Layang


JawaPos.com–PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mencatat, hingga September sebanyak 600 kali terjadi gangguan listrik akibat layang-layang. Sehingga, sedikitnya 9,7 juta pelanggan PLN mengalami terdampak padam.

”Kami tak hentinya menggalakkan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya bermain layangan di dekat jaringan listrik. Tak hanya itu, sejak Juni patroli jaringan pun kami giatkan untuk mengantisipasi benda-benda terkena jaringan, salah satunya layang-layang yang mampu mengganggu terhambatnya keandalan pasokan listrik,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Nyoman S. Astawa seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Senin (5/10).

Dia mengatakan, ratusan kali gangguan akibat layang-layang itu terjadi pada saluran udara tegangan menengah (SUTM) 20 kV. ”Untuk SUTM 20 kV, terhitung sampai dengan September telah terjadi gangguan layang-layang sebanyak 600 kali, dimana tertinggi terjadi pada Agustus sebanyak 207 kali,” kata Nyoman S. Astawa.

Sedangkan pada September, terjadi gangguan akibat layang-layang sebanyak 204 kali. Gangguan terbanyak terjadi di wilayah kerja PLN UP3 Mojokerto sebanyak 40 kali kejadian.

Nyoman menambah, pada Sabtu (3/10), sejumlah wilayah di Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, dan Nganjuk juga mengalami pemadaman listrik akibat gangguan terjadi di penghantar 150 kV Manisrejo-Nganjuk 1 dan 2 tepatnya pada 18.03 WIB.

”Berdasar hasil penelusuran dan investigasi Tim PLN Unit Induk Transmisi Jawa Timur & Bali, di lokasi diketemukan sebuah layang-layang menyangkut di jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Manisrejo-Nganjuk,” terang Nyoman S. Astawa.

”Kami mengimbau masyarakat yang bermain layang-layang agar menjauhi jaringan listrik PLN, karena dampaknya jika padam akan merugikan masyarakat luas,” tambah Nyoman S. Astawa.

Saksikan video menarik berikut ini:


Sebanyak 600 Kali Gangguan Listrik di Jatim akibat Layang-Layang