Sejumlah Sekolah di Banyumas Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sejumlah Sekolah di Banyumas Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka


JawaPos.com–Sejumlah sekolah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Salah satu sekolah yang melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka yaitu SMP Negeri 6 Purwokerto. Setiap siswa yang datang untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar wajib mengenakan masker.

Sebelum memasuki ruang kelas, mereka wajib mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir di tempat yang telah disediakan serta menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan didata oleh guru. Selanjutnya, mereka mengikuti PTM di ruang kelas yang telah ditentukan dengan jumlah peserta sebanyak 50 persen dari jumlah rombongan belajar di setiap ruang.

”Mulai Selasa (20/10), kami melaksanakan uji coba PTM. Kemarin cek persiapan dari Dinas Pendidikan. Sesuai jadwal, Selasa itu kelas 8, tujuh kelas dibagi menjadi 14 kelas. Jadi per kelas 50 persen dari jumlah rombongan belajar,” jelas Saat ditemui wartawan, Kepala SMP Negeri 6 Purwokerto Sri Indarsih seperti dilansir dari Antara, Selasa (20/10).

Selanjutnya pada Rabu (21/10), uji coba PTM untuk kelas 9, Kamis kelas 7, Jumat kelas 8, dan Sabtu kelas 9. Untuk durasi pembelajaran, lanjut dia, dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB dan ada jeda istirahat selama 15 menit untuk memberi kesempatan anak-anak menikmati bekal makanan serta minuman yang mereka bawa dari rumah dengan tetap diawasi guru yang bertugas pada jam pelajaran ketiga.

”Mereka tidak boleh keluar kelas. Nanti keluarnya ketika pulang atau ada kepentingan ke toilet, ke perpustakaan, sudah ada semacam kalung yang (menunjukkan) diberikan izin keluar,” terang Sri.

Dia mengatakan, selama mengikuti PTM, anak-anak tidak menggunakan meja sesuai dengan saran Bupati Banyumas Achmad Husein. Kendati demikian, pihaknya akan mengevaluasi hal tersebut setelah uji coba PTM dilaksanakan.

”Setiap hari akan kami evaluasi terus apa yang kurang untuk ke depan akan diperbaiki,” ujar Sri.

Menurut dia, berdasar informasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, selain SMP Negeri 6 Purwokerto, ada dua sekolah lain yang juga melaksanakan uji coba PTM, yakni SD Negeri Panembangan dan SMA Negeri 3 Purwokerto.

Saksikan video menarik berikut ini:


Sejumlah Sekolah di Banyumas Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka