Ekonom Ini Ingatkan Jangan Sampai Bonus Demografi Jadi Bencana

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ekonom Ini Ingatkan Jangan Sampai Bonus Demografi Jadi Bencana


JawaPos.com – Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah Redjalam menyebut Indonesia saat ini berada di puncak bonus demografi. Situasi itu harus dimanfaatkan oleh bangsa ini semaksimal mungkin agar kehadiran generasi produktif dan milenial itu menjadi kekuatan besar bagi bangsa.

Syaratnya, kata Piter Abdullah, Indonesia harus tumbuh rata-rata 8 persen setiap tahun. Sebab, jika pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak bisa tumbuh dengan sedemikian tinggi, maka tidak bisa disebut bonus demografi, melainkan bencana demografi.

“Masyarakat kita didominasi oleh kelompok muda. Angkatannya masih milenial. Masih kuliah dan baru lulus. Kalau ekonomi kita tidak mampu tumbuh 8 persen setiap tahun maka setiap tahun akan menumpuk permasalahan. Penganggur baru menumpuk. Persoalan ini harus diselesaikan. Itu alasannya kita sangat memerlukan UU Cipta kerja,” terang Piter dalam Webinar UU Cipta Kerja, Selasa (15/12/2020).

Apalagi menurut data yang dimilikinya angkatan kerja Indonesia terus bertambah sebanyak 3 juta per tahun. Dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 5 persen, hanya bisa menyerap sekitar 1.250.000 angkatan kerja baru. Sebab, dari setiap 1 persen ekonomi hanya bisa menyerap pertumbuhan 250.000 angkatan kerja baru. Artinya ada 1.750.000 masyarakat Indonesia yang baru lulus kuliah dan lulus SMK tidak terserap.

Di sisi lain, kata Piter, Indonesia untuk bisa tumbuh rata-rata 6 persen atau 6,8 persen setiap tahun, Indonesia membutuhkan investasi yang sangat besar. Sementara, angka investasi yang masuk saat ini tidak cukup untuk mendongkrak mencapai tingkatan yang diharapkan. Baru rata-rata 6 sampai 7 persen per tahun.

Baca juga: SMK Sumbang Pengangguran Terbesar, Paling Banyak Jurusan Pemasaran

Untuk keluar dari jebakan negara berpendapatan negara menengah, Indonesia harus tumbuh rata-rata 6,8 persen selama 10 tahun ke depan. Sementara dalam 10 tahun terakhir pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak pernah bisa sampai pada 6 persen.

Solusi untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi melejit seperti Tiongkok yang bisa menembus angka rata-rata 10 persen setiap tahun, pemerintah harus membuat terobosan yang luar biasa. Salah satunya menciptakan UU sapu jagat. Dengan cara itu pemerintah bisa menyiapkan lapangan kerja sebanyak-banyaknya untuk masyarakat.

Baca juga: Dirjen Dikti: Bonus Demografi Menjanjikan Sekaligus Mengkhawatirkan

Ekonom dari Universitas Indonesia itu menyoroti, pemicu investasi di Indonesia tumbuh lambat. Menurut dia, ada banyak masalah. Di antaranya perizinan usaha atau investasi, pembebasan lahan, ketenagakerjaan, isu lingkungan, koordinasi pusat-daerah, inkonsistensi pejabat pemerintah, dan banyak hal lainnya.

“Ini tampak sekali permasalahannya investasi kita tumbuhnya begitu-begitu saja. Investasi di Indonesia sangat menarik, tapi hambatannya sangat banyak,” terang dia. Persoalan yang begitu banyaknya itu dimasukkan ke dalam UU Omnibus Law.

Baca juga: CORE: Manfaatkan Bonus Demografi Lewat Industri Manufaktur

Dari kajiannya, kata Piter, UU Cipta Kerja memberikan perlindungan terhadap pekerja. Pesangon pekerja yang kena PHK memang dikurangi, tapi tidak merugikan bagi pekerja. Sebab, kepastian pesangon terbayarkan. Kalau pesangon tidak dibayarkan oleh perusahaan, maka perusahaan itu bisa dipidana.

“Pengusaha berhadapan dengan negara. Negara ada di depan para pekerja, melindungi pekerja, berhadapan dengan para pengusaha. Bagaimana mungkin kita mengatakan pemerintah tidak berpihak pada pekerja, ini kan jelas-jelas negara berpihak kepada pekerja,” tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:


Ekonom Ini Ingatkan Jangan Sampai Bonus Demografi Jadi Bencana