Tim Gabungan Gelar Tes Usap Antigen, Tekan Angka Covid-19 di Solo

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tim Gabungan Gelar Tes Usap Antigen, Tekan Angka Covid-19 di Solo


JawaPos.com–Tim gabungan yang terdiri atas anggota Polresta Surakarta, TNI, Satpol PP, Dishub Provinsi Jateng, Kesbangpol, Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Dinas Kesehatan Kota (DKK), menggelar operasi gabungan yustisi. Tim juga pemeriksaan usap antigen untuk masyarakat, dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) guna penekan angka Covid-19 di Solo.

Menurut dokter Yan Aji, tenaga kesehatan Laboratorium Klinik Patologi RSUD Moewardi Surakarta, dalam kegiatan operasi gabungan yustisi disiplin prokes dan tes usap antigen dilakukan sudah kedua kalinya. Operasi pertama dilakukan tes usap antigen pada Kamis (24/12), sebanyak 50 orang dengan hasil negatif semua.

Namun, lanjut Yan Aji, pada tes usap antigen yang dilaksanakan di depan TSTJ Jebres Solo, pada Minggu (27/12), dari  77 orang yang diperiksa satu orang di antaranya positif Covid-19.

”Kegiatan tes usap antigen ini, Dinas Kesehatan Provinsi Jateng berkoordinasi dengan DKK Surakarta dengan menyediakan untuk 100 orang. Sasaran masyarakat yang terjaring operasi saat melintas di Jalan Ir Sutami Jurug Solo, pengunjung TSTJ, dan masyarakat umum lain,” kata Yan Aji seperti dilansir dari Antara.

Menurut Yan Aji, dari 77 orang yang menjalani tes usap antigen satu orang yang dinyatakan positif. Warga yang positif kemudian dilakukan tes usap lagi di pos kesehatan, hasil sampelnya dibawa ke laboratorium dilakukan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD Moewardi Solo.

”Pemeriksaan usap antigen hasilnya hanya butuh waktu sekitar 20 menit. Hasil positif Covid-19 langkah selanjutnya sampel langsung dilakukan pemeriksaan PCR di RSUD Moewardi,” kata Yan Aji.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Pengendalian Operasional (Dal Ops) Polresta Surakarta AKP Dalyanto mengatakan, kegiatan operasi gabungan operasi yustisi dan tes usap antigen dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan guna mencegah Covid-19 di wilayah Solo. Dalam operasi gabungan di Jalan Ir Sutami, Solo, selama sekitar tiga jam tersebut, tim gabungan menemukan 42 orang warga yang melanggar tidak memakai masker. Jumlah itu, terdiri dari 34 orang laki-laki dan delapan orang perempuan.

”Mereka kemudian diarahkan untuk dilakukan tes usap antigen yang disiapkan di Posko Laboratorium Klinik Patologi RSUD Moerwardi Surakarta, di depan TSTJ Jurug Solo. Warga yang melanggar tidak memakai masker dilakukan sanksi kerja sosial pembersihan sampah di lokasi dekat TSTJ Jurug dan membuat surat pernyataan tidak mengulangi kesalahan lagi,” ujar Dalyanto.

Saksikan video menarik berikut ini:


Tim Gabungan Gelar Tes Usap Antigen, Tekan Angka Covid-19 di Solo