Erajaya Beri Tanggapan Video Viral Pelayanan Kurang Ramah Staf iBox

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Erajaya Beri Tanggapan Video Viral Pelayanan Kurang Ramah Staf iBox


JawaPos.com – PT Erajaya Swasembada Tbk menanggapi video yang beredar di media sosial terkait dengan konsumen yang mengaku mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari pegawai iBox. Adapun, video tersebut diunggah oleh akun TikTok @julio.ioio pada Kamis (24/12) lalu ketika dirinya tengah mengunjungi gerai iBox Senayan City. Perlakuan tidak menyenangkan itu perihal informasi perbedaan antara iPhone 12 dan iPhone 11.

Dia menarasikan bahwa pramuniaga iBox melakukan hal tidak ramah tersebut karena penampilannya. Atas kejadian itu, ia pun mengunggah pengalaman belanjanya tersebut sebagai contoh yang tidak boleh ditiru sebagai pegawai.

Mendapat kritikan tersebut, Manajemen Erajaya pun segera menelusuri kejadian tersebut dan mewawancarai staf yang terlibat dan melihat rekaman CCTV di toko itu. Berdasarkan penelusuran itu, terdapat perbedaan kronologis yang disampaikan pegawai dengan video yang beredar.

Berikut kronologis berdasarkan penelusuran Erajaya dari staf dan rekaman CCTV, antara lain:

1. Pada 12.49 WIB, staff iBox Senayan City menyambut konsumen dengan salam “Hallo, welcome to iBox”, dan kemudian menanyakan produk Apple apa yang dicari. Staf kemudian menawarkan untuk membantu memberikan informasi, namun customer diam saja. Staf tetap mendampingi sampai customer berada di booth iPhone.

2. Pukul 12.50 WIB, staf terus melakukan probing (menuntun) di booth tersebut dan customer menanyakan stok barang, perbedaan iPhone 11 dan iPhone 12. Staf menjelaskan stok barang yang ada, namun customer masih kurang paham sampai teman wanita konsumen merekomendasikan iPhone 12 Pro warna Gold.

Kemudian, staf mencoba menjelaskan kembali tentang kondisi stok karena barang yang kemudian diminati, yaitu iPhone 12 Pro Max warna Pacific Blue tidak tersedia. Staf pun tetap melayani dan mendampingi pelanggan sampai akhirnya dia memilih iPhone 12 Pro 256 GB warna Gold.

3. Ketika 12.59 WIB, konsumen kemudian berpindah ke bagian aksesoris dan menawarkan berbagai macam aksesoris pelengkap, mulai dari casing sampai tempered glass. Awalnya customer ingin mencari casing clear, namun karena stok tidak tersedia, dia memutuskan untuk menggunakan tempered glass Lamina.

4. Pada 13.11 WIB, staf membawa unit yang dibeli pelanggan ke meja aktivasi untuk diperiksa oleh bagian aktivasi dan setelahnya proses aktivasi produk. Kemudian, staf meninggalkan customer dengan tim Lamina karena produk yang telah dibeli akan sekalian dipasang lapisan anti gores lamina.

Sementara itu, berikut narasi yang disampaikan oleh akun TikTok @julio.ioio dari video yang diunggah:

Hari ini gue pergi ke Mall Senayan City untuk beli sedikit baju untuk gua pergi ke Bali nanti, terus gue juga beli baju buat mama dan keponakan gua, supaya mereka pergi ke Bali pakai baju baru.

Habis itu gua ngelewatin iBox di Senayan City, terus gua pengen mampir rencananya. Bayangin loh mereka nggak welcome banget karena aku pakai pakaian kayak gini (celana pendek, kaos dan sendal), jadi ke sini gue iseng-iseng doang untuk lihat iPhone 12 itu kayak apa sih. Jadi stafnya di sana itu kurang ramah banget, jadi gua nanya bedanya iPhone 11 sama iPhone 12 apa, enggak dijawab.

Karena penasaran, akhirnya gua beli iPhone, gua lihat iPhone 12 Pro itu nggak nyampe 1 menit, abis itu gue bilang ke mbaknya ‘saya mau yang ini 1 warna emas’, bayangin sampai gitu aja mbaknya nggak percaya, sampai mbak ini manggil temennya dan bilang ‘eh tolong dong ngurusin ini orang’. Gue pengen bilang melayani seseorang itu nggak harus dilihat dari tampilannya, tapi kita punya hati untuk melayani.

Menimbang adanya perbedaan antara kronologis kejadian yang disampaikan oleh staf iBox juga hasil rekaman CCTV di lokasi dengan ‘Video Keterangan Berbelanja’ yang telah beredar. Pihak Manajemen Erajaya pun meminta tanggapan dari konsumen mengenai kurang maksimalnya pelayanan staf iBox Senayan City.

“Oleh sebab itu, untuk dapat mengetahui lebih jauh persepsi kurangnya pelayanan staf iBox, kami telah mengundang pemilik akun TikTok @julio.ioio melalui Direct Message (DM) dan Whatsapp untuk dapat bersilaturahmi, namun hingga saat ini belum mendapatkan tanggapan,” jelas Manjemen Erajaya dalam keterangan resmi Tanggapan Atas Video Viral TikTok yang diterima JawaPos.com, Minggu (27/12).

Dengan ini, pihaknya pun mengimbau agar yang bersangkutan dapat meluangkan waktu-nya untuk dapat bertemu dengan perwakilan kami dengan menghubungi Customer Care Erajaya Group di 1500372 pada hari kerja Senin-Jumat pada pukul 09.00 – 17.00 WIB dan hari Sabtu pada pukul 9.30 – 15.00, atau melalui email customercare@erajaya.com.

Saksikan video menarik berikut ini:

 


Erajaya Beri Tanggapan Video Viral Pelayanan Kurang Ramah Staf iBox