Ruang Isolasi Covid-19 di RSUD Sidoarjo Penuh

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ruang Isolasi Covid-19 di RSUD Sidoarjo Penuh


JawaPos.com–Ruang isolasi untuk pasien yang terkena virus korona atau Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sidoarjo sebanyak 205 tempat tidur terisi penuh. Sehingga, tidak bisa lagi menampung pasien.

Direktur RSUD Sidoarjo Atok Irawan seperti dilansir dari Antara di Sidoarjo mengatakan, untuk sementara pihaknya belum bisa menerima pasien Covid-19.

”Kami juga melaporkan ke satuan gugus tugas Covid-19 Sidoarjo bahwa ruang isolasi pasien Covid di RSUD sudah penuh,” ucap Atok Irawan.

Dia menjelaskan, sejak pertengahan November, pasien Covid-19 di RSUD Sidoarjo terus mengalami penambahan. ”Awalnya pada September, sempat mengalami penurunan. Namun, pada Desember terus mengalami kenaikan secara signifikan,” terang Atok Irawan.

Pada September dan awal Oktober, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat rata-rata 60 hingga 70 pasien per hari. Namun pada akhir November– awal Desember mengalami kenaikan. ”Hal itu diduga karena banyak hajatan yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” kata Atok Irawan.

Atok menambahkan, saat ini, total pasien Covid-19 di RSUD Sidoarjo berjumlah 205 pasien. Jumlah tersebut belum termasuk, pasien yang stagnan di IGD lantai 1 sebanyak 41 pasien. Mereka itu probable Covid yang belum dapat kamar.

”RSUD Sidoarjo tidak menerima pasien Covid. Ini masih dibahas dengan tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo. Sampai kapan, kami belum memutuskan. Kami akan koordinasi dengan Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo,” tutur Atok Irawan.

Berdasar data, jumlah pasien positif di Sidoarjo pada 28 Desember sebanyak 7.916 orang. Pasien sembuh tercatat sebanyak 7.304 dan meninggal sebanyak 520 orang.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur bakal menambah tempat isolasi bagi pasien yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. Hal itu sebagai upaya memaksimalkan pelayan kesehatan serta sebagai antisipasi lonjakan angka positif Covid-19 saat libur Tahun Baru 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf Satriawarman mengatakan, kapasitas ruang isolasi Covid-19 di Hotel Delta Mayang telah ditambahkan. Dari 50 menjadi 70 ruang. ”Kami sudah kami lakukan penambahan. Saat ini ada 49 pasien yang tengah menjalani isolasi di sana,” kata Syaf Satriawarman.

Selain hotel, kata dia, sejumlah rumah sakit rujukan juga ditambah kapasitasnya. Namun, peruntukan bagi isolasi di rumah sakit hanya untuk mereka yang terkonfirmasi positif dan mengalami gejala. Termasuk juga bagi pasien yang memiliki penyakit bawaan.

”Sudah bertambah semua, hampir 20 persen semua rumah sakit rujukan bertambah. Peningkatan angka konfirm memang terjadi soalnya tapi itu skala provinsi,” ujar Syaf Satriawarman.

Saksikan video menarik berikut ini:


Ruang Isolasi Covid-19 di RSUD Sidoarjo Penuh