Anggota TGPF yang Ditembak di Papua Dievakuasi ke Jakarta

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Anggota TGPF yang Ditembak di Papua Dievakuasi ke Jakarta


JawaPos.com – Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Intan Jaya yang tertembak di Papua dievakuasi ke Jakarta. Usai mendapat perawatan medis dan dinyatakan aman untuk dievakuasi, korban langsung diterbangkan dan sampai dengan selamat di ibu kota pada Sabtu (10/10) pagi.

“Pagi ini anggota TGPF dan anggota TNI yang terluka dalam penyerangan kemarin sore telah kami evakuasi ke Jakarta untuk perawatan pengobatan lebih lanjut,” ujar Wakil Ketua TGPF Sugeng Purnomo.

Sugeng menjelaskan, korban yang terluka dievakusi dengan Helikopter Caracal TNI AU dari Sugapa, Intan Jaya jam 7 pagi ke Timika. Selanjutnya korban dipindahkan ke pesawat Boeing TNI AU di bandara Timika.

Pesawat evakuasi menuju Jakarta dengan rute Timika-Makassar-Jakarta. Korban yang dievakusi adalah anggota TGPF, Bambang Purwoko yang merupakan Dosen dan Peneliti dari Universitas Gadjah Mada, dan Sersan Satu TNI Faisal Akbar, Anggota Satgas Apter Hitadipa dari satuan asal Kodim 1304 Gorontalo.

Sugeng menekankan, saat ini prioritas tim TGPF yang dibentuk oleh Menko Polhukam Mahfud MD ini adalah evakuasi untuk keselamatan dan perawatan. “Tentunya tanpa mengurangi misi memperoleh informasi yang terang tentang kasus ini,” pungkas Sugeng.

Sebelumnya, anggota TGPF Intan Papua ditenbaki oleh Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB). 2 orang dinyatakan tertembak. Namun dipastikan selamat.

Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan, peristiwa terjadi pada Jumat (9/10) pukul 15.30 WIT. Peristiwa terjadi di daerah Kampung Mamba Bawah, Distrik Hipadita.

Saat itu TGPF hendak kembali dari Distrik Hitadipa menuju ke Sugapa. Namun, langsung dihadang KKSB dan dihujani tembakan.

2 korban yang terluka yakni Sertu Faisal Akbar selaku Satgas Apter Hitadipa. Dia mengalami luka tembak di pinggang, namun masih sadarkan diri. Korban kedua Bambang Purwoko, Dosen Universitas Gadjah Mada sekaligus anggota TGPF. Dia tertembakdi pergelangan kaki kiri dan pergelangan tangan kiri, kondisinya masih sadar.


Anggota TGPF yang Ditembak di Papua Dievakuasi ke Jakarta