Tips Orang Tua Mengedukasi Anak Agar Tidak Tertular Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tips Orang Tua Mengedukasi Anak Agar Tidak Tertular Covid-19


JawaPos.com – Pandemi Covid-19 tidak hanya mengancam orang dewasa. Melainkan anak-anak juga tak lepas dari sasaran. Sementara itu, sifat anak-anak yang masih senang bermain dan belum banyak mengerti tentang pandemi, akan semakin meningkatkan potensi terjadinya penularan.

Psikolog Anak dan Keluarga Sani Budiantini Hermawan mengatakan, pada situasi pandemi seperti sekarang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk menjaga anaknya. Terlebih jika buah hatinya masih berusia balita yang belum mengerti baca tulis, tentu akan sangat sulit jika diajarkan tentang protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan rutin mencuci tangan dengan air mengalir.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar orang tua memahami perkembangan anak. Jika masih berusia dini, maka komunikasi yang dilakukan harus nyambung dan dimengerti oleh anak.

“Kita (orang tua) juga jadi role model. Kita pakai masker, kita cuci tangan dulu, anak biasanya ngikutin. Jangan sampai orang tua menekan anak, sehingga anak malah stres,” kata Sani.

Perempuan yang juga menjabat Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani menyampaikan, ketika anak stres, maka akan semakin sulit untuk diberi pemahaman. Maka sebaiknya ketika mengajari anak dilakukan dengan cara kegiatan bermain yang menarik. Sehingga anak tidak bosan.

Baca juga: Satgas Covid-19: Jaga Imunitas Tubuh, Tak Boleh Panik Tetap Gembira

“Orang tua harus menerangkannya dengan cara yang mudah. Misal, nak yuk kita main ini pakai masker ya nak, kenapa? Supaya nggak ketularan penyakit, misalnya,” jelasnya.

Anak yang kritis biasanya akan merespons dengan banyak pertanyaan kepada orang tuanya. Untuk mengimbanginya orang tua harus merespon dengan jawaban yang mudah dimengerti. Tidak memakai istilah yang membuat anak bingung. Seperti menyebut WHO, atau mengutip jurnal penelitian, atau mengutip pernyataan pemerintah dan lain sebagainya.

Di sisi lain, tidak dapat dipungkiri jika anak-anak banyak yang tidak nyaman memakai masker saat berkegiatan di luar rumah. Solusi terbaiknya adalah mencegah anak bermain di luar. Sebagai gantinya orang tua menyiapkan kegiatan yang disukai anak di dalam rumah. Dengan begitu, anak-anak tidak stres meskipun setiap hari berada di rumah.

“Anak punya hak untuk tumbuh kembang dan bahagia, itu kewajiban orang tua memberikannya,” pungkas Sani.

Saksikan video menarik berikut ini:


Tips Orang Tua Mengedukasi Anak Agar Tidak Tertular Covid-19