Kemasan Vaksin Sinovac Clinical Trial Disebar saat Uji Klinis

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kemasan Vaksin Sinovac Clinical Trial Disebar saat Uji Klinis


KABAR melenceng tentang vaksin terus bergulir di semua platform medsos. Kali ini beredar informasi bahwa vaksin Sinovac masih diuji klinis. Katanya, bukti masih uji klinis itu terlihat dari pembungkus kardus vaksin.

”’Only for clinical trial’ Apa seperti ini gambarannya.? #StopPaksaVaksin,” tulis akun Twitter @cebonginsaf3 pada 25 Oktober 2021.

Netizen yang tak cermat pun mudah percaya dengan informasi tersebut. ”Seriusan nih semua kemasan vaxx tertulis ’only for clinical trial’,” tulis akun @VirtuaWildness (bit.ly/SemuaVaksinTrial).

Informasi itu tentu tak masuk akal. Sebab, vaksin Sinovac sudah digunakan dan disalurkan kepada masyarakat. Jawa Pos coba memastikan pembungkus kardus vaksin besutan Tiongkok tersebut. Hasilnya, dari berbagai cuplikan foto yang diabadikan fotografer Jawa Pos, tak ada tulisan Only for Clinical Trial di kemasan tersebut.

Saat ditelusuri, foto kemasan dengan keterangan Only for Clinical Trial beredar sejak 2020. Salah satu media yang mengunggah foto tersebut adalah The Washington Post pada 5 Agustus 2020. Foto kemasan dengan teks trial itu diabadikan fotografer Associated Press (AP) Eraldo Peres. Dalam keterangan disebutkan, kemasan tersebut merupakan kemasan khusus untuk percobaan atau uji klinis bagi sukarelawan di Brasil.

”Dr Gustavo Romero, dari University Hospital of Brasilia’s Nucleus of Tropical Medicine, mempresentasikan kepada pers vaksin eksperimental Sinovac Biotech China untuk virus corona baru sebelum diberikan kepada sukarelawan di Brasilia, Brasil, pada hari Rabu.” Begitu keterangan foto tersebut.

Foto itu dijadikan ilustrasi dari opini yang disampaikan Stephen M. Hahn, dokter sekaligus komisaris Food and Drug Administration (FDA). Pembahasan meliputi uji klinis skala besar untuk menentukan kandidat mana yang memiliki potensi terbesar, memberikan perlindungan dari virus, kemungkinan efek sampingnya, dan berapa lama kekebalan akan bertahan. Anda dapat membacanya di bit.ly/UntukUjiKlinis.

Penjelasan itu mematahkan bahwa kemasan vaksin tersebut hanya untuk kepentingan uji klinis. Jika sudah melewati uji klinis, tentu pembungkus vaksin tak memperlihatkan tulisan Only for Clinical Trial.

Bahkan, pada Januari 2021 MUI telah menetapkan Sinovac sebagai vaksin halal. Nah, jika ingin melihat bungkus vaksin Sinovac secara detail, silakan cek foto tersebut di situs penyedia gambar Getty Images di bit.ly/KemasanUjiKlinis.

FAKTA

Foto yang beredar tersebut adalah foto kemasan vaksin dalam tahap uji coba sebelum diberikan kepada sukarelawan di Brasil. Bukan vaksin yang sudah diedarkan setelah uji tersebut.


Kemasan Vaksin Sinovac Clinical Trial Disebar saat Uji Klinis