27 PWNU Desak Muktamar Ke-34 NU Digelar Tahun Ini

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

27 PWNU Desak Muktamar Ke-34 NU Digelar Tahun Ini


JawaPos.com – Kesepakatan pelaksanaan waktu Muktamar NU ke-34 di Lampung kunjung final. Sejumlah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) seluruh Indonesia masih mengeluarkan pendapat untuk menunda dan tetap digelar tahun ini.

Pada Senin (29/11), puluhan pimpinan Syuriyah dan Tanfidziyah dari 27 PWNU seluruh Indonesia mendatangi Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar. Mereka menyatakan siap menjadi peserta dalam muktamar NU ke-34 pada tanggal 17 Desember 2021 di Lampung mendatang.

Pimpinan Syuriyah dan Tanfidziyah dari 27 PWNU itu diterima Rais Aam, Senin (29/11) di kantor PBNU, Jl Kramat Raya 164 Jakarta Pusat. Mereka berasal dari PWNU Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Kemudian, ada dari Kalimantan Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat.

Ketua NU Lampung KH. Moh Mukri menyatakan, PWNU Lampung sudah siap menjadi tuan rumah sejak 2020. Bahkan PWNU Lampung sudah menyiapkan segala daya dukung dan fasilitas untuk menyelenggrakan muktamar.

“Apalagi tahun 2021. Tentu dengan tetap menerapkan prokes sesuai aturan pemerintah. Setelah pemerintah memberlakukan PPKM Level 3, kami selaku Panitia Daerah sekaligus Pimpinan Wilayah NU bersama 27 Wilayah Provinsi, siap mendukung dan melaksanakan Muktamar NU ke 34 pada 17-19 Desember 2021 sesuai instruksi Rais Aam PBNU,” papar Mukri yang juga Rektor UIN Lampung itu.

Bahkan, lanjutnya, sebelum ada pertemuan dengan para Pimpinan Wilayah NU hari ini, Panitia Daerah sudah memantapkan koordinasi.

“Hasil koordinasi terakhir dengan Kapolda, Danrem, dan Gubernur Lampung, semuanya menyatakan Siap. Termasuk Gubernur Lampung yang sudah menyiapkan dukungan sarana, fasilitas, maupun pendanaan”, tegasnya.

Mantan Ketua PW GP Ansor Lampung itu menampik adanya berbagai spekukasi, seakan pelaksanaan Muktamar NU ke 34 mustahil dilakukan di Lampung.

“Seluruh fasilitas penginapan di sejumlah hotel, maupun pelaksanaan muktamar, baik pembukaan, persidangan, maupun penutupan, kami tegaskan sangat siap untuk menyukseskan muktamar,” tegas Mukri menegaskan.

Pendapat Mukri diperkuat oleh Ketua PWNU Sumatera Selatan Amiruddin Nahrawi. Dia mengklaim Rais Aam KH Miftachul Akhyar tegas menyatakan muktamar harus dilaksanakan 17 Desember 2021.

“Beliau mengatakan bahwa muktamar tetap harus diselenggarakan tanggal 17 Desember 2021. Itu persis Surat Perintah Rais Aam yang ditujukan kepada Panitia Muktamat beberapa hari lalu,” kata Amiruddin mengutip Kiai Miftachul Akhyar.

Selain itu, lanjut H Amiruddin melanjutkan, Rais Aam juga mengingatkan agar mukatamar dilaksanakan sesuai dengan aturan. “Beliau mengingatkan, muktamar harus dilaksanakan sesuai aturan, tidak menabrak AD/ART, serta penuh kedamaian dan persaudaraan,” katanya. (*)


27 PWNU Desak Muktamar Ke-34 NU Digelar Tahun Ini