Keliru Sebut Hujan Deras di Mandalika Tak Disiarkan TV

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Keliru Sebut Hujan Deras di Mandalika Tak Disiarkan TV


PENGGUNAAN istilah cebong masih saja mewarnai kabar keliru yang beredar di media sosial. Kali ini terkait dengan hujan deras yang akhirnya menggenang di Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB). Narasi yang ditekankan pada kabar tersebut soal tidak disiarkannya di media televisi.

”Proyek Cebong Terkini sirkuit Mandalika gk masuk berita tv.” Begitu keterangan video 17 detik yang memperlihatkan suasana banjir di sekitar Sirkuit Mandalika. Netizen yang tak selektif lantas memercayai itu.

Seperti akun Darsono New Norista. ”Proyek terbaru sirkuit MANDALIKA cocoknya dibuat tanam padi,ternak kodok biar banyak kecebongnya,” tulis akun Facebook tersebut pada 22 November 2021 (bit.ly/TakDisiarkanTV).

Dugaan kuat, lokasi itu dekat dengan Sirkuit World Superbike (WSBK) Mandalika 2021. Tepatnya berada di bagian belakang tribun atau sekitar kafetaria sirkuit. Namun, apakah benar situasi banjir di Sirkuit Mandalika tak disiarkan media dan stasiun televisi? Tentu klaim tersebut menyesatkan. Stasiun televisi tvOne juga mengulas informasi itu pada 20 November 2021. Jejaknya bisa dilihat di kanal YouTube resmi stasiun televisi tersebut.

Judul videonya berbunyi Diterpa Hujan Deras, Race Pertama di Sirkuit Mandalika Ditunda Sementara. Race pertama WSBK Mandalika 2021 resmi ditunda setelah hujan deras terus mengguyur Sirkuit Mandalika hingga pihak WSBK mengambil keputusan akhir pada pukul 16.00 Wita, begitu keterangannya. Anda dapat melihatnya di bit.ly/DisiarkanTv.

Media televisi yang juga mengulas kabar itu adalah Kompas TV. Siaran juga diunggah di kanal YouTube dengan judul Hujan Deras Akibatkan Area Sekitar Sirkuit Mandalika Tergenang Air. Keterangan pada video itu menyebutkan, hujan turun menjelang dimulainya race pertama WSBK. Padahal, semua pembalap telah melakukan putaran awal, di mana pembalap memasuki lintasan menuju barisan start untuk melakukan start race pertama.

”Karena hujan deras tak kunjung reda, pembalap dan semua kru tim akhirnya kembali ke garasi tim masing-masing,” tulis keterangan itu. Bukan hanya jalannya race pertama superbike yang terganggu akibat hujan. Aktivitas di area sekitar Sirkuit Mandalika juga terganggu. Anda dapat melihatnya di bit.ly/DisiarkanKompas.

FAKTA

Klaim yang menyebut suasana banjir yang terjadi di Sirkuit Mandalika tak disiarkan media televisi itu menyesatkan. Berbagai media TV meliput dan mengulas situasi tersebut.


Keliru Sebut Hujan Deras di Mandalika Tak Disiarkan TV