Cak Imin Bertemu Kardinal Suharyo, Bahas Refleksi Natal Hingga Papua

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Cak Imin Bertemu Kardinal Suharyo, Bahas Refleksi Natal Hingga Papua


JawaPos.com- Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menyambangi kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Senin (29/11). Kedatangan Muhaimin disambut langsung oleh Ketua KWI sekaligus Uskup Agung Keuskupan Agung Jakarta, Mgr Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada Kardinal yang telah memberikan waktu untuk bisa bersilaturahmi. Sudah lama sebetulnya kami ingin bersilaturahmi tapi karena pandemi tertunda-tunda,” kata Cak Imin panggilan akrab Muhaimin Iskandar.

Ada tiga agenda dan tujuan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyambangi KWI. Pertama, Gus Muhaimin mengundang Kardinal Suharyo beserta jajaran KWI untuk menghadiri undangan Refleksi Menyambut Natal dan Tahun Baru Nasional yang akan digelar PKB pada 21 Desember mendatang.

“Tujuan kami pertama mengundang Kardinal dan Romo-Romo dari KWI untuk berkenan hadir pada acara Refleksi Natal. Kehadiran Kardinal sangat membahagiakan,” tutur Gus Muhaimin.

Kedua, Gus Muhaimin hadir di KWI untuk mendiskusikan ragam isu kebangsaan, salah satunya terkait kekerasan di Papua. Dia secara khusus meminta sumbang saran dari Kardinal Suharyo untuk bersama-sama mencari solusi terbaik bagi kedamaian dan kebaikan Papua.

“Kami sudah ke sana (Papua), peran KWI sangat penting untuk memajukan Papua sekaligus membawa Papua yang damai dan sejahtera. Ujian demi ujian yang telah menimpa kita sebagai suatu bangsa yang semakin mematangkan kita sebagai kekuatan yang saya yakin dan optimis persatuan dan kesatuan kita semakin natural, fungsional, mengakar dan tidak mudah tergoyahkan,” tutur Cak Imin.

Ketiga, Gus Muhaimin juga menyampaikan salam hangat dan keinginannya bertemu secara langsung dengan Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus di Vatikan.

“Sebetulnya saya dan Daniel (Daniel Johan) sudah beberapa kali ke sana, tapi cuma sampai di luar Vatikan saja,” guyon Gus Muhaimin

“Kita ingin bisa bertemu secara langsung. Tentu ini bagian dari harapan kami ingin menjadi bagian dari langkah-langkah mewujudkan kedamaian dan keadilan bagi sistem dunia, khususnya di Indonesia,” tukas Gus Muhaimin.

Sementara itu, Kardinal Suharyo menyambut baik kedatangan Gus Muhaimin bersama rombongan. Dia juga mengapresiasi inisiatif Gus Muhaimin mengadakan Refleksi Natal dan Tahun Baru. Menurutnya, inisiatif tersebut adalah wujud dari toleransi dan upaya menimba kebijakan, pesan, khidmat dari berbagai macam agama di Indonesia.

“Saya kira PKB tidak hanya akan menyambut Natal dengan refleksi, tetapi juga agama-agama lain pasti juga akan mendapat kesempatannya,” tutur Kardinal Suharyo.

Menanggapi persoalan di Papua, Kardinal Suharyo menyatakan membangun dan merawat semangat cinta Tanah Air adalah tanggungjawab seluruh warga bangsa. “Sikap gereja Katolik yang resmi terhadap masalah Papua itu sangat jelas, yaitu mendukung sikap pemerintah, karena dijamin undang-undang internasional,” tutur Kardinal Suharyo.


Cak Imin Bertemu Kardinal Suharyo, Bahas Refleksi Natal Hingga Papua