Wali Kota Gibran Buka Ruang Aduan Melalui Media Sosial

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Wali Kota Gibran Buka Ruang Aduan Melalui Media Sosial


JawaPos.com–Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka membuka ruang aduan dari masyarakat melalui media sosial. Wali kota juga berkomitmen untuk menanggapinya secara cepat.

”Solo kan smart city, reformasi birokrasi, pokoknya kami ingin semuanya serba cepat,” kata Gibran seperti dilansir dari Antara di Solo.

Dia mengatakan, hal itu sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada pelantikan kepala daerah beberapa waktu lalu, yaitu kepala daerah diharuskan memiliki akun sosial media. Selanjutnya, akun sosial media itu dijadikan sebagai kanal aduan masyarakat yang ingin menyampaikan keluh kesahnya kepada wali kota.

”Kita sudah mulai, ada aduan masyarakat tentang aspal bolong, genangan air, secara fast respons kami tangani semua,” ujar Gibran.

Dia mengakui selama ini Pemerintah Kota Surakarta sudah membuka ruang aduan dari masyarakat melalui program unit layanan aduan Surakarta (ULAS). Meski demikian, ULAS sifatnya kurang pribadi.

”Dengan sosial media, warga akan lebih terbuka untuk sambat ke wali kota langsung. Kalau ULAS kan keluhan ditulis, dibaca banyak orang. Sosial media kan lebih private (pribadi), langsung fast respons,” terang Gibran.

Dengan adanya aduan dari masyarakat yang masuk ke akunnya, wali kota bisa langsung melakukan koordinasi dengan dinas terkait. ”Bisa diselesaikan dalam berapa hari. Yang pasti ULAS sudah berjalan baik tetapi akan lebih baik lagi kalau kepala daerahnya aktif di sosial media,” ujar Gibran.


Wali Kota Gibran Buka Ruang Aduan Melalui Media Sosial