Kilang Balongan Terbakar, Nicke: Stok Aman, Tak Perlu Panic Buying

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kilang Balongan Terbakar, Nicke: Stok Aman, Tak Perlu Panic Buying


JawaPos.com – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan, stok atau persediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) aman meskipun telah terjadi insiden kebakaran tangki T-301G di area kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, pada Senin (29/3) pukul 00.45 dini hari. Oleh karenanya, ia meminta masyarakat untuk tidak melakukan pembelian BBM secara berlebihan.

“Tak perlu panic buying karena pasokan aman dan lancar,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (29/3).

Nicke menegaskan, dari segi suplai, pihaknya memiliki skenario antisipasi dimana produk dan pasokan akan dioptimalkan dari kilang lain, untuk mengganti pasokan yang selama ini disuplai dari Balongan.

“Tak ada kendala dalam suplai BBM. Kilang ini tak terdampak. Kebakaran hanya daerah tangki saja. Kami berharap kilang bisa operasi kembali setelah pemadaman,” tuturnya.

Hingga saat ini, kata Nicke, pihaknya berfokus pada pemadaman dan pengendalian api agar tidak menjalar ke area lain dengan melakukan shutdown kilang. Penyebab terjadinya kebakaran pun belum diketahui secara pasti, dan hingga saat ini masih melakukan investigasi dibantu oleh pihak berwenang.

“Dini hari tadi Dirut Kilang International memimpin langsung penanganan di lokasi. Kami berkoordinasi dengan seluruh pihak baik internal maupun eksternal, Pemda, BNPB, kepolisian, dan pihak lain,” ucapnya.

Nicke menambahkan, kondisi terkini api dapat dilokalisasi di sekitar tanggul pemadaman. Sehingga dipastikan api tak menjalar ke area lain.

“Untuk mencegah kami melalukan pendinginan di area sekitar. Ada 10 damkar dari Pemda dan Pertamina pusat dan daerah,” ungkapnya.

Sementara, pihaknya menyampaikan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Seluruh korban sudah ditangani, bahkan sebagian korban luka ringan sudah kembali ke rumah masing-masing dan lima korban masih di rawat di Rumah Sakit (RS).

“Kami memohon warga tetap tenang dan menjauhi lokasi kebakaran. Kami mohon maaf juga dilakukan pemblokiran jalan,” pungkasnya.


Kilang Balongan Terbakar, Nicke: Stok Aman, Tak Perlu Panic Buying