Penghuni Negatif, Covid-19 Lewat Air Limbah Asrama di Singapura Tuntas

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Penghuni Negatif, Covid-19 Lewat Air Limbah Asrama di Singapura Tuntas


JawaPos.com – Singapura akhirnya bisa menyelesaikan masalah terkait isu penularan kasus Covid-19 lewat air limbah asrama kampus. Setelah dilakukan tes, sebanyak 438 penghuni di asrama tersebut dinyatakan negatif Covid-19.

Dilansir dari AsiaOne, Sabtu (27/3), Kemenkes Singapura menegaskan bahwa tes usap terakhir dari pengujian masal terhadap 438 individu dalam insiden air limbah National University of Singapore (NUS) menunjukkan hasil negatif. Fragmen virus Covid-19 terdeteksi pada Minggu (21/3) dari pengujian sampel air limbah yang dikumpulkan pada 20 Maret dari UTown Residence North Tower di NUS. Sehingga mendorong Kemenkes untuk melakukan tes usap pada semua penghuni dari 13 apartemen yang terkena dampak.

Dengan hasil akhir ini, 438 warga yang diusap telah dites negatif Covid-19. Sebelumnya, staf dan siswa diberitahu dalam sebuah surat edaran. Direktur Kantor Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan Universitas, Peck Thian Guan, mengatakan tingkat asam ribonukleat virus (RNA) Covid-19 yang rendah telah terdeteksi dalam sampel yang diambil dari ruang inspeksi yang terhubung ke kamar mandi di UTown Residence North Tower.

Baca juga: Masalah Baru di Singapura, Covid-19 Menyebar Lewat Air Limbah Asrama

“Universitas telah menerapkan program pengawasan air limbah di semua hostelnya sejak 7 Desember, sebagai bagian dari upaya untuk menemukan kasus virus Korona dengan cara yang aman, efektif, dan tidak mengganggu,” kata Peck dalam surat edaran tersebut seperti dilansir The Straits Times.

Dia mengatakan bahwa pusat tes swab akan didirikan di UTown Residence pada Selasa (23/3). Kementerian Kesehatan Singapura mewajibkan semua penghuni di apartemen yang terkena dampak untuk melakukan tes usap sebagai tindakan pencegahan.

“Tes usap harus dilakukan dengan cepat untuk mengidentifikasi apakah ada warga lain yang mungkin atau telah terinfeksi Covid-19,” pungkas Peck.

Saksikan video menarik berikut ini:


Penghuni Negatif, Covid-19 Lewat Air Limbah Asrama di Singapura Tuntas