Pertamina Upayakan Pemadaman Kilang Balongan dan Evakuasi Warga

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pertamina Upayakan Pemadaman Kilang Balongan dan Evakuasi Warga


JawaPos.com–Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3) dini hari. Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero). Kilang ini mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (bahan bakar minyak), non BBM, dan Petrokimia, beroperasi sejak 1994.

Api yang melalap kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Senin (29/3) dini hari ini terlihat dari jarak sejauh lima kilometer. ”Dari sini kelihatan banget apinya besar,” kata Suci, warga Indramayu, seperti dilansir dari Antara, Senin (29/3).

Suci menjelaskan, jarak tempat tinggalnya ke kawasan kilang minyak milik Pertamina VI Balongan adalah sekitar 5 kilometer. Meskipun sejauh itu, api terlihat membumbung tinggi. ”Dari sini jarak memang jauh, tapi api kelihatan,” terang Suci.

Warga lainnya bernama Dedi menuturkan hal yang sama. Dia mendengar suara cukup keras dari arah kawasan kilang minyak itu. ”Iya benar dari sini kelihatan, memang benar itu kawasan RU VI Balongan,” kata Dedi.

Dari video yang beredar di grup sosial media kondisi lokasi RU VI Balongan terbakar hebat sampai memaksa warga sekitar keluar rumah.

Sementara itu, Kilang Balongan milik PT Pertamina (Persero) yang terbakar pada Senin (29/1) dini hari masih terus ditangani tim keselamatan kerja atau (Health, Safety, Security, and Environment/HSSE).

”Telah terjadi insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan kebakaran di tangki T-301G mulai sekitar pukul 00.45 WIB dini hari,” kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya.

Kendati demikian, Ifki mengungkapkan hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui. Saat ini, tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

”Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir,” tutur Ifki.

Dia menjelaskan, saat ini dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

”Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendopo Kabupaten Indramayu,” ujar Ifki.

Dia menambahkan, Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang dan menjauh dari lokasi kebakaran.

Saat insiden terjadi, ada 4 warga yang melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensif di RSUD Indramayu.

”Dibantu TNI, kami lakukan pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian,” ujar Ifki.

Ifki menegaskan, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pertamina Upayakan Pemadaman Kilang Balongan dan Evakuasi Warga