Dinkes Jatim Sebut Dosis Kedua Vaksin AstraZeneca setelah 8 Minggu

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Dinkes Jatim Sebut Dosis Kedua Vaksin AstraZeneca setelah 8 Minggu


JawaPos.com–Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Herlin Ferliana menjelaskan, masyarakat yang menjalani vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin AstraZeneca, dosis keduanya akan disuntikkan setelah delapan pekan kemudian.

”Khusus vaksin AstraZeneca dosis keduanya disuntikkan setelah delapan hingga 12 pekan untuk semua kelompok usia,” ujar Herlin seperti dilansir dari Antara di Surabaya.

Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang sedang berlangsung di wilayah Jatim menggunakan dua jenis atau merek vaksin. Yakni Sinovac dan AstraZeneca.

”Setiap orang dengan masing-masing merek vaksin tersebut mendapatkan dua kali dosis suntikan,” ujar Herlin.

Mantan Direktur Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya tersebut mengimbau agar masyarakat mengenali vaksin jenis apa yang diberikan pada dosis pertama. Sebab, pada dosis kedua harus memperoleh vaksin dengan merek sama agar memperoleh kekebalan tubuh yang sempurna.

Dia memaparkan, masing-masing merek vaksin memiliki tenggang waktu yang berbeda untuk penyuntikan dosis pertama dan kedua. Vaksin Sinovac memiliki tenggang waktu untuk penyuntikan dosis kedua selama 14 hari untuk usia di bawah 59 tahun dan 28 hari untuk warga lanjut usia (lansia) atau di atas 59 tahun.

Herlin juga menegaskan, dosis pertama hanya meningkatkan imun hingga 15 persen dan justru suntikan kedua yang akan meningkatkan imunitas hingga 85 persen.

”Jadi, suntikan kedua tidak boleh lupa dengan merek vaksin yang sama. Mohon diperhatikan waktu tenggangnya antara Sinovac dan AstraZeneca juga berbeda,” tutur Herlin.

Berdasar laporan mingguan yang dilaksanakan bersama Kemenkes pada 23 Maret, Jatim disebutkan sebagai provinsi dengan vaksinasi tertinggi di Indonesia untuk pelayanan publik. Tercatat, sebanyak 573.497 pelayan publik telah divaksinasi di Jatim, sedangkan secara keseluruhan sudah ada 1,3 juta penduduk Jatim yang telah divaksinasi.

Saksikan video menarik berikut ini:


Dinkes Jatim Sebut Dosis Kedua Vaksin AstraZeneca setelah 8 Minggu