Hongkong Tunda Pfizer Akibat Tutup Botol Rusak, Masih Pakai Sinovac

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hongkong Tunda Pfizer Akibat Tutup Botol Rusak, Masih Pakai Sinovac


JawaPos.com – Hongkong menunda penggunaan vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat, Pfizer-BioNTech. Hongkong sejauh ini hanya memiliki satu vaksin yakni Sinovac dari Tiongkok. Hongkong menolak menggunakan Pfizer-BioNTech karena alasan yang mungkin dianggap sepele. Tutup botol vaksin Pfizer-BioNTech yang tiba di Hongkong rusak.

Hongkong menghentikan peluncuran vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech setelah distributornya di Tiongkok memberi tahu pemerintah bahwa satu batch vaksin memiliki tutup botol yang rusak. Menurut siaran pers Kementerian Kesehatan Hongkong, penangguhan mulai berlaku segera setelah pemerintah diberitahu tentang kemasan cacat tersebut. BioNTech dan mitranya dari Tiongkok, Fosun Pharma tengah menyelidiki masalah tersebut.

Hanya saja, BioNTech-Pfizer dan Fosun belum menemukan alasan untuk percaya bahwa kerusakan tersebut mempengaruhi masalah keamanan. Namun memang penggunaan vaksin akan dihentikan sebagai tindakan pencegahan.

Tutup yang rusak ditemukan dalam satu batch tertentu yaitu nomor 210102. Akan tetapi penangguhan juga akan berlaku untuk batch lainnya yakni nomor 210104.

Dengan penangguhan suntikan Pfizer-BioNTech, berarti vaksin Sinovac akan menjadi satu-satunya pilihan yang tersedia bagi penduduk Hongkong.

Pada Januari, Hongkong mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Pfizer-BioNTech. Pendekatan pemerintah Hongkok berbeda dengan pendekatan yang digunakan di Tiongkok daratan, yang hanya menyetujui penggunaan vaksin yang dikembangkan di dalam negeri. Hongkong juga telah menyetujui suntikan Sinovac buatan Tiongkok.

Namun, survei menunjukkan bahwa penduduknya kurang mempercayainya. Menurut survei yang dilaporkan pada Januari, 56 persen orang bersedia menggunakan vaksin Pfizer-BioNTech sementara hanya 29,5 persen yang bersedia divaksinasi dengan Sinovac.

Saksikan video menarik berikut ini:


Hongkong Tunda Pfizer Akibat Tutup Botol Rusak, Masih Pakai Sinovac