Peneliti Buktikan Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Bakar Lemak

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Peneliti Buktikan Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Bakar Lemak


JawaPos.com – Minum kopi tak hanya sedap dilakukan di pagi hari. Ternyata bisa juga dilakukan sebelum olahraga. Sebab minum kopi sebelum olahraga ternyata bisa memaksimalkan jumlah lemak yang dibakar saat olahraga.

Maka pikirkanlah minum kopi setengah jam sebelum mulai olahraga. Sebab sebuah studi baru menunjukkan bahwa minum kopi dapat membuat perbedaan yang signifikan pada pembakaran lemak.

Para peneliti menemukan, biasanya sekitar 6 mg/kg dapat meningkatkan laju pembakaran lemak selama latihan aerobik. Ini berdasarkan hasil yang dikumpulkan dari 15 relawan pria.

Baca Juga: Pakar Ungkap Manfaat Minum Kopi Untuk Liver dan Gula Darah

Dilansir dari Science Alert, Minggu (28/3), dosis kopi terbukti meningkatkan laju oksidasi lemak maksimal (MFO, ukuran seberapa efisien tubuh membakar lemak) rata-rata 10,7 persen di pagi hari dan 29 persen di sore hari. Penelitian tersebut telah dipublikasikan di Journal of International Society of Sports Nutrition.

“Rekomendasi untuk berolahraga dengan perut kosong di pagi hari untuk meningkatkan oksidasi lemak adalah hal yang biasa,” kata ahli fisiologi Francisco José Amaro-Gahete dari Universitas Granada di Spanyol.

Terlebih, rekomendasi ini mungkin kurang memiliki dasar ilmiah. Sebab tidak diketahui apakah peningkatan ini disebabkan oleh olahraga di pagi hari atau karena tidak makan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Untuk itu, para peneliti juga tertarik untuk melihat lebih detail hubungan antara kafein dan olahraga. Stimulan sering dikaitkan dengan peningkatan kinerja atletik.

Selama empat minggu, 15 sukarelawan dalam penelitian ini menjalani empat tes secara acak. Mereka mengambil plasebo pada pukul 8 pagi, mengonsumsi plasebo pada pukul 5 sore, mengonsumsi suplemen kafein pada pukul 8 pagi, dan mengonsumsi suplemen kafein pada pukul 5 sore.

Dalam tes bersepeda berikutnya setelah stimulan atau plasebo diberikan, kemampuan tubuh dalam membakar lemak pun diukur, yang menunjukkan pengaruh kafein terhadap MFO. Pengambilan oksigen maksimum juga ditingkatkan, seperti intensitas latihan yang menimbulkan MFO.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa konsumsi kafein akut 30 menit sebelum melakukan tes latihan aerobik meningkatkan oksidasi lemak maksimum selama latihan terlepas dari waktu,” kata Amaro-Gahete.

Ini adalah studi dengan sampel peserta yang cukup kecil tentunya, jadi penting untuk tidak mengambil kesimpulan yang terlalu luas, tetapi hasilnya cukup jelas untuk menunjukkan bahwa ada semacam asosiasi di sana.

Temuan ini menambah dimensi lain pada penemuan berkelanjutan yang dilakukan para ilmuwan tentang bagaimana kafein dapat memengaruhi jalannya otak dan tubuh kita. Penelitian ini memberikan beberapa petunjuk secangkir kopi sebelum latihan mungkin memberikan beberapa manfaat.

“Secara keseluruhan, hasil ini menunjukkan bahwa kombinasi asupan kafein dan olahraga pada intensitas sedang di sore hari memberikan skenario terbaik bagi individu yang ingin meningkatkan oksidasi lemak seluruh tubuh selama latihan aerobik,” para peneliti menyimpulkan.

Saksikan video menarik berikut ini:


Peneliti Buktikan Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Bakar Lemak