Polisi Selidiki Penyebab Terbakarnya Kilang Pertamina Balongan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Polisi Selidiki Penyebab Terbakarnya Kilang Pertamina Balongan


JawaPos.com – Polisi mulai menyelidiki dugaan penyebab terbakarnya kilang minyak PT Pertamina di Bolongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Penyelidikan akan dilakukan usai kondisi di tempat kejadian perkara (TKP) sudah aman.

“Dugaan penyebab kebakarannya masih kita selidiki ya,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago dikonfirmasi, Senin (29/3).

Erdi menyampaikan, pihaknya saat ini belum bisa melakukan penyelidikan di tempat kejadi perkara (TKP). Sebab kini, proses pendinginan masih dilakukan oleh tim dari pemadam kebakaran.

“Saat ini masih proses pendinginan setelah itu kita lakukan olah TKP menunggu TKP kondusif,” ujar Erdi.

Erdi juga enggan membeberkan dugaan awal terjadinya kebakaran kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu terbakar pada Senin (29/3) sekitar pukul 00.45 WIB. Sampai saat ini, Erdi menyebut insiden itu mengakibatkan 28 korban mengalami luka-luka.

Dia mengungkapkan, sebanyak 23 korban mengalami luka ringan dan lima lainnya mengalami luka berat. Saat ini, 28 korban itu sedang menjalani perawatan medis di rumah sakit.

“Data yang terakhir sudah kita terima ada sebanyak 23 korban luka ringan, korban luka berat ada lima. Saat ini masih dalam pertolongan medis,” tandas Erdi.

Sementara itu, Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya menduga, kilang Pertamina Balongan pada tangki T-301G diduga terbakar pada Senin (29/3) sekitar pukul 00.45 WIB dini hari.

Baca juga: 28 Korban Luka-luka Akibat Terbakarnya Kilang Balongan

“Saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat,” ucap Ifki.

Meski demikian, saat ini belum diketahui secara pasti penyabab terjadinya kebakaran pada tangki penyimpan minyak itu. Dia menduga, peristiwa kebakaran itu terjadi pada saat sedang turun hujan deras disertai petir.

“Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran,” ujar Ifki.

Terjadinya insiden ini, Pertamina memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) ke masyarakat tidak terganggu. Dia menegaskan, saat ini pasokan BBM masih berjalan normal.

 

Saksikan video menarik berikut ini:


Polisi Selidiki Penyebab Terbakarnya Kilang Pertamina Balongan