Ceko-Jogjakarta Jajaki Kerja Sama Berbagai Bidang

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ceko-Jogjakarta Jajaki Kerja Sama Berbagai Bidang


JawaPos.com–Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Ceko Jaroslav Dolecek menemui Gubernur Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Kepatihan, Jumat (26/3). Kedua pihak membicarakan peluang kerja sama Republik Ceko dan Jogjakarta di berbagai bidang.

”Masih penjajakan kerja sama sehingga masih akan dilihat sektor apa saja yang bisa dikerjasamakan,” kata Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) Jogjakarta Agus Priyono seperti dilansir dari Antara.

Menurut Agus, dalam pertemuan itu, Gubernur Jogjakarta dan Dubes Ceko antara lain membahas mengenai pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Jogjakarta. Melalui jalur itu, memungkinkan peluang untuk berinvestasi di Jogjakarta.

”Tadi Ngarsa Dalem (Gubenur Sultan HB X) menawarkan Ceko untuk bisa investasi di Jogjakarta melalui kawasan ekonomi khusus,” ujar Agus.

Selain itu, menurut Agus, negara di Eropa itu juga memiliki peluang menanamkan modal dalam pengembangan kawasan aerotropolis sebagai pendukung utama perkembangan Bandara Internasional Jogjakarta (YIA).

”Sebetulnya Ceko terlibat di Jogjakarta sudah cukup lama. Dalam pembangunan bandara di Kulon Progo sebenarnya Ceko sudah ada di sana juga,” tutur Agus.

Dalam pertemuan itu muncul pembicaraan mengenai kerja sama sister province yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai tindak lanjut, Pemerintah Republik Ceko terlebih dahulu mencari provinsi-provinsi yang memiliki kemiripan dengan Kota Gudeg.

Agus menambahkan, Dubes Ceko juga mengaku kagum dengan kepatuhan masyarakat Jogjakarta dalam menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, kondisi itu sulit ditemukan di negaranya.

”Tadi Dubes Ceko heran mengapa orang-orang di Jogja pakai masker semua. Beda kondisinya dengan di Kota Praha, Ceko,” papar Agus Priyono.

Saksikan video menarik berikut ini:


Ceko-Jogjakarta Jajaki Kerja Sama Berbagai Bidang