Samsung Galaxy M52 5G, Pertama dengan 5G di Seri M

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Samsung Galaxy M52 5G, Pertama dengan 5G di Seri M


JawaPos.com – Berdasarkan riset internal Samsung, secara umum permintaan smartphone 5G dilaporkan semakin meningkat pada Q1 2021 hingga menjadi 15 persen. Hal ini juga diikuti peningkatan kontribusi smartphone 5G pada Q2 2021 terhadap total smartphone yang mencapai 16 persen secara global.

Untuk Indonesia, kehadiran 5G Juni lalu yang pertama kali dibawa oleh Telkomsel sedikit banyak menjadi trigger pada industri telko. Usai Telkomsel, kemudian menyusul Indosat Ooredoo dan XL Axiata juga turut mengumumkan layanan 5G di Indonesia.

Bagi bisnis ponsel pintar, mulai hadirnya 5G juga membuat pasar mulai terbentuk. Hal inilah yang membuat Samsung akhirnya membawa 5G ke kelas terjangkau dengan menghadirkan Galaxy M52 5G. Seperti namanya, seri Galaxy M ini telah didukung oleh teknologi jaringan seluler generasi kelima alias 5G dan menjadi yang pertama di seluruh line-up M Series.

Sebelumnya, smartphone 5G Samsung ada di model kelas atas saja seperti S Series, Z Fold dan Z Flip 3 5G yang diluncurkan belum lama ini. Untuk Galaxy M52 5G, menjadi yang pertama dibekali 5G di serinya, JawaPos.com berkesempatan untuk menjajal perangkat ini. Simak ulasan selengkapnya.

Desain
Desain Galaxy M52 5G menurut kami tampil lebih baik ketimbang seri M lainnya. Pertama kali melihat dan menggenggam perangkat ini, langsung kami rasakan bahwa handset ini lebih tipis dari M Series sebelum-sebelumnya.

Saat kami ukur, dimensi keseluruhan dari Galaxy M52 5G mencapai 164,2 x 76,4 x 7,4 mm dengan bobot hanya 173 gram saat kami timbang. Sudah menjajal seri M sejak seri ini pertama kali hadir, langsung kami simpulkan bahwa Galaxy M52 5G kali ini sangat tipis dan ringan jika dibandingkan dengan para pendahulunya.

Menilik desain perangkat ini secara keseluruhan juga tampak lebih manis dan minimalis dengan pilihan warna light blue, black, dan white. Di bagian belakang, kesan minimalis dibalut dengan desain dan pewarnaan ddengan corak garis-garis tipis.

Di bagian kiri atas punggung smartphone, ada tiga buah kamera belakang yang disusun secara vertikal lengkap dengan LED Flash Light yang dikemas dalam modul persegi atau square. Modul kamera seperti ini familiar dan telah diadopsi Samsung hampir di seluruh model smartphonenya.

Selain modul kamera, area belakang polos dan tak ada sentuhan berlebihan yang membuat perangkat jadi terkesan norak. Di bagian tengah bawah hanya ada logo Samsung dan informasi nomor IMEI sebagai identitas perangkat.

Perangkat smartphone Samsung Galaxy M52 5G (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk bagian tepi, di sisi kiri hanya ada area slot kartu SIM dan MicroSD. Di area kanan seperti biasa ada tombol volume ‘Up-Down’ serta tombol power yang berfungsi juga sebagai area kapasitif pemindai sidik jari atau Fingerprint Scanner buat fungsi keamanan perangkat.

Area atas polos, sementara di bawah ada port USB Type-C dan grill speaker dan lubang microphone. Ada yang kurang, seri M kali ini tak dilengkapi dengan jack headphone. Mungkin biar terkesan ringkas dan mewah walau seri M adalah seri murah. Sebagai gantinya, pengguna bisa membeli sendiri dongle headphone atau lebih praktis menggunakan headset Bluetooth yang tersedia banyak dipasaran termasuk punya Samsung sendiri.

Di sisi desain, yang kami rasakan dari seri M kali ini adalah improvement pada pengalaman menggenggam perangkat. Memegang Galaxy M52 5G kali ini tak seperti menggunakan seri M lainnya, lebih tipis, lebih enak dipegang.

Area tepi-tepi perangkat juga diperbaiki agar lebih halus. Pada seri M sebelumnya kerap kami rasakan sisi-sisi bezel terasa kaku dan tajam. Sementara pada bagian belakang, karena sudah mendukung NFC juga untuk berbagai fungsi nirkabel, seri M kali ini juga terasa seperti dilapisi kaca.

Pada aspek ini kami suka tanpa banyak catatan berarti misalnya handset tak diberikan lapisan pelindung layar tambahan dan tidak ada aksesori cover bagian belakang yang bisa melindungi perangkat lebih baik lagi. Dengan harga tembus Rp 5 juta, harusnya Samsung tidak pelit untuk menambahkan anti gores bawaan atau memberi bonus Jelly Case yang harganya murah.

Layar AMOLED
Karena harganya lumayan mahal meski diklaim terjangkau karena sudah 5G, Galaxy M52 baru ini sudah hadir dengan panel layar Super AMOLED. Sebagaimana diketahui, layar demikian merupakan spek layar yang biasa hadir di kelas flagship.

Bentang layar Galaxy M52 5G mencapai 6,7 inci dengan resolusi menyentuh Full HD Plus. Refresh rate-nya juga tinggi yakni tembus 120 Hz. Buat penggunaan harian, mengonsumsi konten video streaming atau main game di handset ini sudah lebih dari cukup.

Tak banyak catatan yang bisa kami berikan di sisi layar Galaxy M52 5G. Karena sudah membawa panel Super AMOLED, performa layarnya tentu baik. Sebagaimana diketahui, panel layar ini tergolong bandel dan terang, jadi cocok buat yang ingin visual maksimal di bawah terpaan sinar matahari langsung. Layarnya tampil dengan sangat baik dan halus.

Interaksi dengan berbagai menu di layar juga asyik dan mudah. User Interface (UI) atau antarmuka One UI 3.1 dengan sistem operasi atau OS Android 11 membuat pengalaman dan interaksi visual di Galaxy M52 terasa ringkas untuk multitasking. Catatan kami hanya satu di area ini, Samsung kenapa masih pelit memberikan tambahan anti gores bawaan padahal ini sangat penting buat melindungi layarnya yang mudah lecet dan tergores.

Performa
Galaxy M52 juga kami rasakan lebih kuat ketimbang seri M lainnya. Ini wajar karena handset ini sudah mendukung 5G, mau tidak mau Samsung mesti membekali perangkat ini setidaknya dengan chipset yang mumpuni dan mendukung 5G.

Di balik kap mesinnya, Samsung Galaxy M52 disokong prosesor Snapdragon 778G dan jaringan 5G dari Qualcomm. Mendapingi chip prosesornya ada memori besar yakni RAM/ROM yang berada di angka 8/128 GB, menjadikan kinerja Samsung M52 5G sangat mulus.

Secara teknis, Chipset Snapdragon 778G ini meningkatkan performa GPU hingga 40 persen, peningkatan performa CPU 40 persen, dan 2x lipat AI processing power jika dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu Snapdragon 768G yang memungkinkan interaksi terjalin lebih lancar, efisien dan cepat saat bermain game, mengambil foto dan video, serta memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati pengalaman di smartphone dengan mulus tanpa khawatir lemot.

Selain itu, Samsung Galaxy M52 5G juga dilengkapi dengan fitur RAM Plus untuk mengoptimalkan kinerja smartphone saat mengoperasikan ragam aplikasi dengan RAM tambahan hingga 4 GB RAM yang dialokasikan dari ROM yang tersedia. Hal ini tentu dapat mempercepat laju transfer data dan memaksimalkan produktivitas saat harus multitasking.

Uji benchmark smartphone Samsung Galaxy M52 5G (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Secara teknis, spesifikasi yang kami jabarkan di atas harusnya sudah bisa membuat ponsel ini cukup unggul dalam mengawal banyak kebutuhan penggunanya.

Soal performa, Galaxy M52 5G juga kami lakukan benchmark dengan aplikasi benchmark sintetis AnTuTu dan PC Mark. Di AnTuTu Benchmark v9.1.8, Galaxy M52 5G bisa menghasilkan skor sebesar 502887.

Dengan perolehan skor segitu, menurut kami angka tersebut di atas rata-rata seri M kebanyakan. Sementara untuk PC Mark Work 3.0 Performance, Galaxy M52 5G menggantung skor di angka 12800, lagi-lagi cukup besar di kelasnya.

Performa lainnya yang mendukung perangkat ini adalah baterainya yang besar yakni 5.000 mAh dengan fast charging 25 Watt. Saat dibenchmark, baterainya mampu tembus digunakan nonstop selama 13 jam 9 menit. Benchmark digunakan menggunakan AnTuTu Benchmark Work 3.0 Battery Life.

Sebagai pelengkap, Galaxy M52 5G juga dibekali dengan fitur keamanan yang bisa dipercaya. Selain pola dan kata sandi, ada Face Unlock dan Fingerprint Scanner sebagai pengaman perangkat ini plus sudah mendukung 5G dan punta NFC.

Performa Gaming
Performa baik di benchmark dan penggunaan sehari-hari, kalau buat main game bagaimana? Di Galaxy M52, banyak game kami jajal, dari game standar sekelas mainan anak-anak sampai game yang masuk liga E-Sport papan atas seperti Mobile Legends: Bang Bang dan Call of Duty: Mobile. Hasilnya, handset ini tak mengecewakan.

Di game Call of Duty: Mobile, Galaxy M52 5G bisa diatur ke pengaturan grafis dan frame rate maksimum. Kalau anak-anak gamer bilang pengaturan rata kanan.

Dan menariknya lagi, pengaturan ini dibuat secara default saat memuat game untuk pertama kalinya. Tampak pada gamar kualitas grafik duduk di pengaturan ‘Sangat Tinggi’ atau mode ‘Very High’. Begitupun dengan frame rate-nya yang menggantung secara default di ‘High’ dan bisa dibuat mentok sampai ke mode ‘Max’.

Uji gaming smartphone Samsung Galaxy M52 5G (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Perlu diingat, itu pengaturan default yang dipilih oleh sistem secara otomatis dan masih bisa ditingkatkan. Artinya secara teknis, sistem membaca perangkat ini memang bisa menjalankan pengaturan demikian.

Pun demikian saat dijajal ke game Mobile Legends: Bang Bang, grafik dan frame rate sanggup dibuat rata kanan dan membuat pengalaman bermain game terasa halus tanpa lag.

Hasil gaming di Galaxy M52 5G menjawab pertanyaan apakah seri M kali ini lemot buat main game? Jawabannya tidak. Galaxy M52 5G mulus buat main game, beda dari seri M sebelumnya dengan spesifikasi yang pas-pasan buat gaming.

Kamera
Galaxy M52 5G untuk urusan kamera sebetulnya secara angka-angka menarik. Punya tiga kamera di bagian belakang dengan kamera utama 64 MP, lensa Ultra Wide 12 MP, lensa Macro 5 MP, harusnya Galaxy M52 5G hasilnya bisa sebaik performa dan desainnya yang diimprove.

Tapi ternyata tidak. Meski ukurannya secara angka-angka besar, yang kami rasakan di hasil akhir pemotretan dengan Galaxy M52 5G performa fotografinya tak jauh berbeda dengan seri M kebanyakan. Biasa saja. Entah kenapa.

Untuk penggunaan luar ruang dengan kondisi cahaya melimpah atau cukup, foto yang dihasilkan bisa tampil cukup baik dan detail. Namun saat digunakan pada kondisi cahaya kurang atau minim, kendati sudah punya fitur Night Mode, hasil kameranya tak sebaik saat digunakan siang hari atau dalam kondisi cahaya cukup.

Kamera smartphone Samsung Galaxy M52 5G (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Ini kami rasakan di banyak kamera seri M Samsung dan untuk Galaxy M52 5G kami belum merasakan perbaikan berarti meski secara megapiksel besar. Kalau dibandingkan dengan perangkat sejenis di segmen yang sama di pasaran, Galaxy M52 5G hasil fotonya masih kalah dengan ponsel dari merek Tiongkok misalnya Realme atau Vivo.

Minor, tapi kalau diabaikan bisa mempengaruhi minat beli lantaran untuk urusan kamera, smartphone saat ini cukup dilihat kemampuan fotografinya. Untuk kamera depan buat berswafoto ukurannya juga besar yakni 32 MP. Namun hasilnya sama saja, baik hanya dalam kondisi cahaya cukup.

Untuk UI kamera, Galaxy M52 5G masih sama seperti seri M sebelum-sebelumnya. Mudah digunakan dengan banyak pilihan fitur, mode dan filter kamera tersedia. Kemampuan fitur videonya juga menggoda buat yang suka membuat konten video pendek yang sedan tren belakangan ini.

Kesimpulan
Membawa 5G ke kelas terjangkau dengan menghadirkan seri Galaxy M52 5G apakah bisa sukses atau tidak masih harus dilihat. Tren 5G di Indonesia baru saja dimulai, Samsung masih punya cukup waktu untuk terus berbenah dan melakukan improvisasi diri agar bisa bersaing dengan merek-merek lainnya.

Apakah cukup terjangkau? Galaxy M52 5G yang notabene adalah seri M untuk kelas ekonomis sebetulnya tak murah-murah amat. Banderol harganya masih sedikit over jika dibandingkan dengan merek lain di segmen yang sama yang bisa digantung di rate Rp 3 jutaan. Namun, melihat aspek lainnya misalnya performa, desain dan kemampuan jeroannya yang diperbaiki ketimbang seri M lainnya, Galaxy M52 5G harusnya cukup bisa jadi unggulan.

Desain lebih ramping dan lebih ringan membuat handset ini enak digenggam lama-lama, beda dengan seri M lainnya yang lebih gendut dan berat. Performanya juga membaik, kami suka, rata kanan dan halus buat main game. Dan yang paling penting, seri Galaxy M52 5G kali ini tetap hadir dengan baterai besar 5.000 mAh yang tahan lama plus punya NFC.

Berikut hasil jepretan kamera Samsung Galaxy M52 5G dalam berbagai situasi penggunaan:

Foto-foto: Rian Alfianto/JawaPos.com


Samsung Galaxy M52 5G, Pertama dengan 5G di Seri M