Ahli Singapura: Setelah 12 Hari Disuntik Vaksin Pfizer, Kebal Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ahli Singapura: Setelah 12 Hari Disuntik Vaksin Pfizer, Kebal Covid-19


JawaPos.com – Para peneliti di Singapura telah menemukan bukti bahwa vaksin Pfizer-BioNTech dapat membantu tubuh memproduksi jenis antibodi dan sel kekebalan tertentu terhadap virus Sars-CoV-2. Peneliti bahkan menyebut vaksin ini dapat menawarkan perlindungan dari Covid-19 setelah 12 hari pasien disuntik dosis tunggal.

Menurut sebuah studi di Israel yang dilakukan di antara petugas kesehatan, dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech ditemukan 85 persen efektif melawan Covid-19. Peneliti Kanada juga menyarankan penundaan dosis kedua vaksin, setelah penelitian menunjukkan kemanjuran 92,6 persen setelah dosis pertama diberikan.

Data klinis dari uji coba Pfizer-BioNTech internasional, yang dilakukan di antara 44.000 peserta, juga mengungkapkan bahwa jumlah kasus Covid-19 di antara kelompok yang divaksinasi berkurang 10 hingga 12 hari setelah dosis pertama, sedangkan kasus terus meningkat di antara kelompok plasebo atau kelompok (yang tidak menerima vaksin). Vaksin tersebut diketahui memiliki tingkat kemanjuran 95 persen, dan membutuhkan dua dosis untuk diberikan dalam waktu tiga minggu.

Baca juga: Pasien Covid-19 di Singapura Sempat Makan di Food Court Bandara Changi

Terkait temuan ini selangkah lebih maju, tim peneliti dari Singapore General Hospital (SGH) dan Duke-NUS Medical School menemukan perlindungan ini adalah hasil dari perkembangan awal antibodi dan jenis sel kekebalan yang dikenal sebagai sel-T, yang secara khusus menargetkan virus Sars-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19. Profesor penyakit menular yang muncul di Duke-NUS dan penulis penelitian terkait Profesor Ooi Eng Eong, mengatakan pengetahuan ini dapat membantu para peneliti menilai vaksin di masa depan dan memantau lamanya kekebalan terhadap Covid-19.

Untuk menguji keefektifan vaksin Covid-19, para ilmuwan biasanya mencari jenis antibodi spesifik yang dikenal sebagai antibodi penetral, yang mengikat virus Sars-CoV-2 dan mencegahnya menginfeksi sel manusia. Namun, Associate Professor Jenny Low, konsultan senior di Departemen Penyakit Menular di SGH, mengatakan penelitian yang dilakukan untuk vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna menunjukkan tidak ada tingkat antibodi penetral yang terdeteksi 12 hari setelah dosis pertama vaksin, meskipun perlindungan sudah diberikan.

Baca juga: Singapura Ungkap Alasan Belum Izinkan Penggunaan Vaksin Sinovac

“Jadi pasti ada sesuatu yang lain di dalam tubuh, apakah itu sel-T atau antibodi non-penetral lain yang memberikan perlindungan. Itulah yang ingin kami temukan,” kata penulis senior studi tersebut dr. Low.

Untuk melakukannya, para peneliti melacak respons kekebalan dari 20 petugas kesehatan di sini yang menggunakan vaksin Pfizer-BioNTech pada Januari. Temuan studi tersebut telah diserahkan ke jurnal ilmiah Cell Press dan masih dalam peninjauan.

Ditemukan bahwa 20 orang dalam penelitian ini telah mengembangkan sel-T yang mengenali lonjakan protein virus Sars-CoV-2 hanya 10 hari setelah menerima dosis pertama vaksin. Protein lonjakan sel virus Sars-CoV-2 memediasi masuknya virus ke dalam sel manusia.

Sel-T merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh yang menjalankan berbagai fungsi, salah satunya adalah mendeteksi dan mengeluarkan sel yang terinfeksi virus untuk membatasi penyebaran virus. Selain itu, 16 dari individu yang divaksinasi, atau 80 persen, memiliki antibodi terhadap lonjakan protein virus setelah 12 hari.

“Tetapi hanya empat, atau 20 persen dari 20, menghasilkan antibodi penetral setelah 12 hari, meskipun antibodi ini secara luas dianggap penting untuk perlindungan terhadap Covid-19,” kata Prof Ooi.

“Kurun 12 hari ini memberi kita kesempatan untuk memahami respons kekebalan tubuh yang diperlukan untuk perlindungan terhadap Covid-19,” kata Prof Ooi.


Ahli Singapura: Setelah 12 Hari Disuntik Vaksin Pfizer, Kebal Covid-19