Amankan 305 Kg Sabu, Kapolda Metro Jaya Klaim Selamatkan 2 Juta Orang

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Amankan 305 Kg Sabu, Kapolda Metro Jaya Klaim Selamatkan 2 Juta Orang


JawaPos.com – Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Depok, Jawa Barat berhasil mengamankan 305 kg sabu jaringan internasional. Dari pengungkapan ini, polisi menyebut berhasil menyelamatkan jutaan jiwa dari bahaya narkotika.

“Jika satu gram dapat digunakan oleh delapan orang, maka dari pengungkapan ini dapat selamatkan 2.064.000 jiwa,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Rabu (10/2).

Selain itu, 305 kg sabu yang diamankan ini ditaksir bernilai lebih dari Rp 300 miliar. Pasalnya, sabu dijual lebih dari Rp 1 miliar per kilogram. “Satu kilo sekitar Rp 1,3 miliar harganya,” jelas Fadil.

Saat ini aparat masih mengembangkan jaringan ini, untuk menangkap bandar-bandar besar yang menyuplai barang tersebut. Dalam kasus ini, polisi juga masih memburu 3 orang yang berstatus sebagai DPO.

Sebelumnya, Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Depok, Jawa Barat membongkar peredaran narkoba berskala besar jaringan internasional. Kasua kali ini terbongkar di parkiran Rumah Sakit Awal Bros, Jalan Jenderal Sudirman Kota Pekanbaru, Riau, pada 1 Februari 2021.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, kasus ini terbongka berdasarkan pemgembangan kasus di Depok. Dalam kasus pertama, aparat menangkap 6 tersangka dengan barang bukti kg sabu.

“Ini membuktikan bahwa kita bekerja secara serius dan bersungguh-sungguh, pengungkapan kasus besar bisa dimulai dari pengungkapan kasus kecil,” kata Fadil di Polres Metro Depok, Selasa (9/2).

Dari kasus tersebut, petugas mendapat informasi akan terjadi pengiriman sabu di Padang, Sumatera Barat. Saat dilakukan penindakan, polisi berhasil menemukan 44 kg sabu, dengan satu tersangka berinisial EM.

Kepada petugas, EM mengaku mengambil narkoba dari jaringan Tiongkok-Malaysia-Indonesia. Barang haram itu berasal dari sebuah mobil di Rumah Sakit Awal Bros, Pekanbaru. Setelah dilakukan pengejaran, tim menangkap 3 tersangka, Junaedi, Zulkarnaen dan Eko Saputra di Pekanbaru.

Dari tangan mereka, polisi menyita 258 kg sabu. “Maka total keseluruhan yang diungkap dari jaringan ini sebanyak 305 kg sabu,” ucap Fadil.


Amankan 305 Kg Sabu, Kapolda Metro Jaya Klaim Selamatkan 2 Juta Orang