Firli Bahuri Dukung Polri Usut Sindikat Mafia Tanah

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Firli Bahuri Dukung Polri Usut Sindikat Mafia Tanah


JawaPos.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan dukungannya kepada Polri untuk mengusut dugaan kasus mafia tanah di Indonesia. Dia menilai, mafia tanah sangat merugikan masyarakat.

“KPK tentu sangat memberikan dukungan untuk penyelesaian masalah pertanahan,” kata Firli dalam keterangannya, Kamis (25/2).

Jenderal polisi bintang tiga ini menuturkan, lembaga antirasuah berkepentingan dengan program optimalisasi dan penertiban aset milik negara. Bahkan KPK juga telah bekerjasama dengan Kementerian ATR/BPN dan Kementerian Keuangan untuk memulihkan keuangan negara akibat korupsi.

“Alhamdulillah tahun 2020 KPK berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara Rp 592,6 triliun,” tegas Firli.

Firli tak memungkiri, dugaan korupsi dan mafia tanah kerap bersinggungan dalam sejumlah kasus. Hal ini juga berkaitan dengan perkara korupsi antara lain pemberian izin lahan, penjualan lahan, hingga pencucian uang.

Salah satu perkara yang berkaitan, pernah diusut KPK dalam dugaan kasus suap mengami pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang reklamasi. KPK sempat memanggil sejumlah saksi, termasuk petinggi perusahaan properti berinisial AHL yang diduga mafia pertanahan.

Baca Juga: Menag Beri Tanggapan Soal Pelaporan Terhadap Din Syamsuddin

Baca Juga: Kemenhan Mau Beli 48 Jet Tempur Rafale, Ini Respons TNI AU

Sebelumnya, Polda Metro Jaya dan BPN berencana akan menggandeng Kejaksaan Agung guna membongkar sindikat mafia tanah. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan kinerja Satgas Mafia Tanah.

Langkah menggandeng Kejaksaan Agung tersebut dimaksudkan untuk menyamakan persepsi tentang perbuatan melawan hukum mafia tanah.

“Kami samakan persepsi tentang perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh mafia tanah. Karena ada karakteristik yang berbeda di dalam kejahatan mafia tanah. Ini barang kali yang harus kami sempurnakan,” tegas Fadil, Jumat (19/2).


Firli Bahuri Dukung Polri Usut Sindikat Mafia Tanah