20 Label Jadi Penggerak Ekonomi Lewat ModestFFFUND 2021

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

20 Label Jadi Penggerak Ekonomi Lewat ModestFFFUND 2021


JawaPos.com – Sebanyak 20 label fashion diberi kesempatan menunjukkan kekuatannya sebagai brand modest fashion yang potensial secara bisnis. Mereka menunjukkan tajinya dalam kekuatan bisnis dan ekonomi lewat Modest Fashion Founders Fund 2021 (ModestFFFUND).

Label-label itu di antaranya Dresssofia, Swimsweets, WGB, Monika Jufry, MeetaFauzan, Nonns, WAD Studio, HannieHananto, dan masih banyak lagi. Kementerian Pariwisata dan EkonomiKreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali mengadakan program tersebut guna memberikan pendampingan bagi brand modest fashion (busana muslim) dalam mengembangkan bisnis, termasuk peningkatan kapasitas dan akses permodalan.

Bekerja sama dengan Franka Soeria, Co-Founder #Markamarie & Modest Fashion Weeks, program ini memilih 20 brand modest fashion terbaik untuk mengikuti creative workshop dengan mentor dari dalam dan luar negeri, serta berkesempatan mendapatkan pembiayaan atau permodalan melalui pitching kepada lembaga pendanaan dan investor. Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, FadjarHutomo menjelaskan, program yang pertama kali dilaksanakan pada 2019 ini meliputi kegiatan capital accelerator dan capacity building bagi para founder brand Modest Fashion.

Baca Juga: Intip 5 Gaya Busana Keren yang Bakal Jadi Tren Pada 2021

Modest fashion adalah salah satu subsector ekonomi kreatif yang selama ini berkontribusi besar pada perekonomian. Kami memahami bahwa dengan adanya pandemi, brand-brand sangat membutuhkan dukungan dari berbagai sisi. Kami mendukung dari sisi akses pembiayaan dan investasi,” ujar Fadjar Hutomo dalam keterangan virtual baru-baru ini.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Hanifah Makarim, menjelaskan, program ini membantu menyiapkan founder brand modest fashion untuk siap dilirik oleh potensial investor atau lembaga pendanaan. Melalui kegiatan ini pelaku atau desainer modest fashion diharapkan mendapat pengetahuan yang lebih baik dalam mengelola usaha kreatifnya. Lebih jauh, dapat mendukung terwujudnya Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.

“Kami ingin melahirkan lebih banyak brand modest fashion yang kuat secara bisnis dan finansial. Penyelenggaraan program ini akan melibatkan berbagai mentor dari fashion, keuangan, digital marketing hingga perbankan syariah dan venture capital,” jelas Hanifah Makarim.

Sementara Franka Soeria menambahkan, selama ini program serupa di bidang fashion selalu menitikberatkan pada desain. Namun bagaimana caranya fashion bisa menjadi penggerak ekonomi.

“Karena itu, kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi semua founder modest fashion baik yang senior, masih baru, brand online, maupun pengusaha modest fashion tanpa pandang bulu. Meski begitu mereka harus memiliki dasar yang serius dalam berusaha, telah memiliki perusahaan minimal satu tahun, memiliki laporan keuangan dan aspek kelegalan lain yang sudah selayaknya dimiliki sebuah bisnis,” kata Franka Soeria.

Bersamaan dalam acara peluncuran ini juga diumumkan berbagai tahapan ModestFFFUND 2021 yang dimulai dengan pendaftaran secara daring mulai 23 Februari hingga 13 Maret 2021.
Selanjutnya diikuti dengan tahapan seleksi Top 100, Penjurian pemilihan Top 20, Penyelenggaraan Creative Workshop, Mentoring Pitching, Pitching, Final Fashion Show, Bazaar Online di Marketplace, dan Mentoring Pasca-Event.

Saksikan video menarik berikut ini:


20 Label Jadi Penggerak Ekonomi Lewat ModestFFFUND 2021