Akun Resmi Twitter Tiga Kementerian Diretas, Kemenkeu Sudah Pulih

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Akun Resmi Twitter Tiga Kementerian Diretas, Kemenkeu Sudah Pulih


JawaPos.com – Banjir masih merendam beberapa daerah di wilayah pantai utara Jawa. Mulai Jakarta, Karawang, Bekasi, Subang, Pekalongan, Pati, hingga Kudus. Karena itu, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mulai menjalankan misi teknologi modifikasi cuaca (TMC). Tujuannya untuk mengurangi intensitas hujan di daerah tertentu.

Personel tim pengendali cuaca dari BPPT terbang menyemai awan dengan menggunakan pesawat Cassa 212 pada Minggu.

Pada hari kedua kemarin (22/2), ditambah armada pesawat CN 295.

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT Jon Arifian menjelaskan, misi TMC kali ini adalah melakukan redistribusi hujan. Harapannya, hujan yang turun di Jakarta dan sekitarnya tidak lebat. Dan terbukti, sepanjang pagi sampai sore kemarin, wilayah Jakarta, Depok, dan sekitarnya pada umumnya kering.

Jon menjelaskan, personel TMC BPPT melakukan penyemaian awan di sekitar Cilegon, Provinsi Banten, dan pesisir timur Lampung. Dengan cara itu, hujan langsung turun di lokasi tersebut. Awan tidak sampai berjalan dan menjadi hujan yang mengguyur ibu kota. ’’Secara umum hari ini (kemarin, Red) lebih kering dibandingkan periode 2–3 hari sebelumnya,’’ tuturnya kemarin.

Jon menjelaskan, target utama operasi TMC di Jabodetabek kali ini adalah mengurangi potensi hujan pada siang hari. Tujuannya, tingkat kejenuhan tanah berada pada level aman untuk menampung air hujan. Skenario itu dipilih karena hujan pada malam dan dini hari di luar jangkauan intervensi tim TMC.


Akun Resmi Twitter Tiga Kementerian Diretas, Kemenkeu Sudah Pulih