Kronologi Kaburnya Buron Interpol Asal Rusia dari Imigrasi Ngurah Rai

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kronologi Kaburnya Buron Interpol Asal Rusia dari Imigrasi Ngurah Rai


JawaPos.com – Seorang warga negara asing (WNA) asal Rusia bernama Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka melarikan diri dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Bali pada Kamis, 11 Februari 2021 lalu sekitar pukul 13.20 WITA. Andrew merupakan buronan Interpol yang masuk dalam red notice.

“Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka melarikan dalam proses administrasi pemindahan dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar, usai dijenguk rekan wanitanya bernama Ekaterina Trubkina yang juga WNA asal Rusia,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai, Parlindungan dalam keterangannya, Minggu (14/2).

Andrew sempat menjalani sebelumnya telah menjalani hukuman pidana di Lapas Kelas IIA Kerobokan karena kasus narkoba. Tetapi dia melarikan diri saat hendak dideportasi.

“Setelah masa hukuman pidana berakhir yang bersangkutan diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada 3 Februari 2021 untuk selanjutnya dikenakan Tindakan Administrasi Keimigrasian Pendeportasian dan pengusulan cekal,” ujar Parlindungan.

Andrew pada 11 Februari 2021 rencananya akan dipindahkan dari Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar. Hal ini dilakukan karena keterbatasan ruang detensi yang dimiliki Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

Parlindungan menyebut, saat proses administrasi pemindahan dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar dalam rangka memperoleh keterangan, mendata dan menyiapkan surat penyerahan untuk diserahkan ke Interpol, Andrew dijenguk oleh rekan wanitanya Ekaterina Trubkina sekitar pukul 13.20 WITA.

“Setelah dijenguk oleh rekan wanitanya tersebut, Andrew menjalankan proses pemeriksaan Kembali oleh petugas, namun saat proses pemeriksaan berlangsung yang bersangkutan menyelinap dari dalam ruang pemeriksaan dan melarikan diri,” sesal Parlindungan.

Parlindungan menegaskan, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai saat ini telah mengerahkan seluruh pegawai untuk mencari keberadaan yang bersangkutan bersama-sama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Kantor Imigrasi Kelas II Singaraja dan tim dari Kanwil Kemenkumham Bali. Selain itu, pihaknya juga mengusulkan penetapan nama yang bersangkutan kedalam Daftar Pencarian Orang (DPO) kepada Polda Bali dan telah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri, Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Konsul Kehormatan Rusia dan Konsul Kehormatan Ukraina di Bali dalam rangka pencarian Andrew.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kantor Otoritas Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, GM Angkasa Pura I dan Maskapai Penerbangan serta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan setempat untuk mencegah keberangkatan Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka dan Ekaterina
Trubkina keluar daerah Bali.

“Kami berharap peran serta masyarakat apabila melihat atau mengetahui keberadaan kedua orang tersebut agar dapat menghubungi WhatsApp Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada Nomor 081236956667,” ujar Parlindungan menandaskan.


Kronologi Kaburnya Buron Interpol Asal Rusia dari Imigrasi Ngurah Rai