Ingin Kendalikan Gula Darah, Ini Diet yang Cocok Bagi Pasien Diabetes

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ingin Kendalikan Gula Darah, Ini Diet yang Cocok Bagi Pasien Diabetes


JawaPos.com – Sebagian pasien diabetes tipe 2 umumnya belum perlu minum obat. Akan tetapi cukup dengan mengubah gaya hidup demi mengendalikan gula darah. Salah satunya adalah dengan diet atau pola makan.

Sampai saat ini, diabetes tipe 2 sebagian besar bisa dikelola dengan mengendalikan faktor risiko seperti tekanan darah tinggi, kolesterol dan kadar gula darah (glukosa). Meskipun mengonsumsi obat-obatan dapat membantu, mereka dengan gula darah yang masih bisa dikontrol umumnya disarankan mengubah diet atau gaya hidup dulu.

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan, baik melalui operasi atau diet, dapat membantu mengatasi beberapa penyebab diabetes tipe 2. Ini dilakukan dengan membantu tubuh mengontrol kadar gula darah.

“Ini penting karena mengendalikan gula darah dengan meningkatkan cara insulin dibuat dan bekerja adalah kunci untuk membawa diabetes tipe 2 ke dalam remisi (kadar gula darah mulai normal atau terkontrol),” kata Pemimpin untuk Kedokteran dan Nutrisi Berbasis Bukti, Sekolah Kedokteran Aston, Universitas Aston, Duane Mellor, dan dr Adrian Brown, Rekan Peneliti & Dosen, UCL seperti dilansir dari Science Alert, Selasa (17/8).

Baru-baru ini, para peneliti mulai menyelidiki diet lain untuk pasien diabetes. Apa itu?

Diet Karbohidrat

Yaitu seperti diet rendah karbohidrat agar pasien diabetes bisa mencapai remisi. Hasil penelitian sejauh ini menunjukkan diet rendah karbohidrat menjanjikan.

Untuk lebih memahami diet mana yang terbaik dalam membantu orang mencapai remisi diabetes tipe 2, pendekatan lain (seperti diet rendah karbohidrat) juga terbukti bekerja dengan baik. Peneliti menemukan bahwa diet pengganti makanan membantu sekitar 1 dari 3 orang berhasil mencapai remisi, sementara diet rendah karbohidrat mampu membantu sekitar 1 dari 5 orang mencapai remisi. Orang-orang yang kehilangan berat badan dengan menggunakan kedua diet ini dapat bertahan dalam remisi hingga dua tahun jika mereka mempertahankan penurunan berat badan mereka.

Diet Rendah Kalori dan Mediterania

Diet rendah kalori dan Mediterania juga dapat membantu orang mencapai remisi tetapi dengan tingkat yang jauh lebih rendah. Hanya sekitar 5 persen orang yang menjalani diet rendah kalori tetap dalam remisi setelah satu tahun, sementara hanya 15 persen orang yang menjalani diet Mediterania tetap dalam remisi setelah satu tahun.

Apa itu remisi?

Remisi adalah pengurangan kadar gula darah di bawah kisaran untuk mendiagnosis diabetes. Akan tetapi beberapa definisi menyatakan bahwa ini perlu dilakukan tanpa menggunakan obat-obatan, sementara yang lain tidak. Definisi lain mengatakan berat badan (terutama lemak di sekitar bagian tengah tubuh) harus hilang untuk mencapai remisi.

Remisi bisa dicapai salah satunya dengan diet rendah karbohidrat yang dapat menormalkan kadar gula darah bahkan tanpa penurunan berat badan. Hal ini terjadi karena ketika kita makan karbohidrat, maka dipecah menjadi gula yang menyebabkan kadar gula darah kita naik.

Diet rendah karbohidrat berarti lebih sedikit gula darah yang muncul dalam aliran darah, yang mengarah pada peningkatan kontrol gula darah. Kemudian, peneliti membandingkan jumlah orang yang kadar gula darahnya menjadi normal tanpa obat setidaknya selama enam bulan. Kondisi itu sudah dianggap sebagai remisi.


Ingin Kendalikan Gula Darah, Ini Diet yang Cocok Bagi Pasien Diabetes