IA ITB Gelar Vaksinasi Ganesha di Surabaya, Dihadiri Gubernur Khofifah

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

IA ITB Gelar Vaksinasi Ganesha di Surabaya, Dihadiri Gubernur Khofifah


JawaPos.com – Pergelaran vaksinasi Ganesha sampai di Surabaya pada Sabtu (28/8). Surabaya menjadi lokasi ketiga dari rangkaian vaksinasi yang dihelat Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) itu.

Acara yang berlangsung di Airlangga Convention Center, Surabaya, itu merupakan hasil kerja sama dengan sembilan universitas lain di bawah naungan Himpuni. ’’Ini contoh guyub rukun himpunan alumni perguruan tinggi negeri yang ingin berkontribusi dalam program vaksinasi untuk negeri. Kebersamaan alumni PTN yang berkomitmen dalam upaya pengendalian Covid-19,’’ terang Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Dalam program vaksinasi itu, tersedia kuota untuk 5.000 orang dari keluarga alumni dan masyarakat umum. ’’Kami menyediakan 40 titik vaksinasi dari sumbangan tiap universitas. Jumlah nakesnya cukup banyak sehingga tidak sampai terjadi kerumunan,’’ jelas Ketua IA ITB Jatim Saritomo.

Sejak awal pandemi, IA ITB seluruh Indonesia bergerak aktif. Di Jawa Timur, IA ITB Jatim bersama Alumni ITB Komisariat 85 (angkatan 85) menyerahkan bantuan emergency ventilator kepada Gubernur Khofifah untuk kemudian didistribusikan ke rumah sakit. Rencananya, bantuan tahap kedua diserahterimakan September mendatang.

Solidaritas alumni ITB Jatim juga terlihat di komunitas Jogo Konco. Yakni, tim satgas Covid-19 yang berisi relawan dari alumni ITB. ’’Kami berikan paket obat dan vitamin bagi pasien isoman, membantu mencarikan RS, konsultasi dokter dan apoteker, menyediakan bantuan alat kesehatan seperti tabung oksigen dan oksimeter, menyediakan plasma konvalesen, serta memberikan santunan kepada alumni maupun keluarga yang meninggal,’’ papar Cak Tomo, panggilan akrab Saritomo.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tiga dari kanan), hadir dalam program Vaksinasi Ganesha yang digagas IA ITB pada Sabtu (28/8). Kegiatan itu merupakan rangkaian Vaksinasi Ganesha yang sebelumnya dilaksanakan di Jakarta pada Juni-Juli dan Bandung pada 29 Agustus.

Ketua Umum IA ITB Gembong Primajaya turut mendukung vaksinasi tersebut. ’’Rencananya, dalam waktu dekat, IA ITB mengadakan vaksinasi di Sidoarjo, Gresik, Malang, serta Kalimantan Barat,’’ katanya.

Selain itu, IA ITB Jatim menggagas Humanity Technology Award (HTA) sebagai bentuk apresiasi kepada insan teknologi yang melakukan penelitian dan penemuan. HTA dimaksudkan sebagai kegiatan kebangkitan teknologi nasional dengan mengedepankan teknologi buatan anak bangsa.

Sementara itu, IA ITB sendiri adalah organisasi yg mewadahi seluruh Alumni ITB yg tersebar di seluruh pelosok negeri bahkan di seluruh dunia.  Di era pandemi Covid-19 seperti saat ini, IA ITB aktif melaksanakan berbagai kegiatan unutk membantu masyarakat menghadapi pandemi ini. Kegiatan-kegiatan sosial itu rutin dilaksanakan sejak Maret 2020 lalu.

Ketua Umum IA ITB Gembong Primajaya

Menyumbangkan APD ke berbagai RS, membagi-bagikan masker kepada masyarakat, mendistribusikan sembako sebagai bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan, serta agenda-agenda sosial lainnya. Komitmen itu berlanjut, pada 2021, IA ITB membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid secara nasional untuk membantu alumni yang terdampak pandemi Covid-19.

Kemudian, setelah dimulainya program vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah, IA ITB juga terus bergiat membantu mempercepat vaksinasi kepada masyarakat dengan menyelenggarakan program Vaksinasi Ganesha, yang dilakukan di berbagai kota, bekerja sama dengan berbagai pihak terkait.

Di Jakarta, vaksinasi itu berlangsung pada Juni dan Juli 2021, di Bandung pada 29 Agustus 2021, dan terakhir di Surabaya poada 28 Agustus, bekerja sama dengan berbagai pihak dengan tuan rumah Ikatan Keluarga Alumni Unair (IKA Unair). (*)

 


IA ITB Gelar Vaksinasi Ganesha di Surabaya, Dihadiri Gubernur Khofifah