Unair Bakal Bangun Tower untuk Kampus di Gresik

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Unair Bakal Bangun Tower untuk Kampus di Gresik


JawaPos.com – Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) bakal terus mengembangkan sayap. Setelah membuka tiga program studi baru di Gresik, ke depan Unair akan membangun kampus tower. Sebab, Unair ingin Fakultas Vokasi itu terpusat di Gresik.

Rencana tersebut sudah matang. Pihak Unair pun telah melakukan kajian. Apalagi Pemkab Gresik sangat mendukung. Hal itu antara lain dibuktikan dengan menghibahkan lahan seluas 3 hektare. Lokasinya, di Jalan dr Wahidin Sudirohusodo atau di sebelah timur gedung baru Mapolres Gresik.

Dekan Fakultas Vokasi Unair Prof Dr Anwar Ma’ruf mengatakan, saat ini memang Unair sudah memiliki rencana pembangunan tower di Gresik. Pasalnya, Gresik ke depan akan diproyeksikan menjadi pusat vokasi Unair. Namun, mulai kapan pembangunan tower itu dilakukan, pihaknya belum dapat memastikan. Yang jelas, secara bertahap, Unair akan menambah program studi terlebih dahulu.

Pada 2021 ini, terdapat tiga program studi baru di Departemen Kesehatan Fakultas Vokasi. Yakni, D-3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), D-3 Teknologi Laboratorium Medis, dan D-4 Teknologi Radiologi Pencitraan. Ketiga prodi tersebut melengkapi D-3 Keperawatan yang sebelumnya sudah menggelar perkuliahan di Gresik.

Vokasi Unair mulai beroperasi di Gresik pada 2019 lalu. Lokasi kampusnya di Jalan dr Wahidin Sudirohusodo, tepatnya di sebelah RSUD Ibnu Sina. “Total saat ini sudah ada empat kelas di Gresik,” ucap Anwar.

Untuk pengembangan Fakultas Vokasi Unair tersebut, lanjut dia, pihaknya telah berkomunikasi dengan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Ada peluang pembangunan tower itu bisa sharing dengan APBD.

Anwar menambahkan, Unair juga tengah melihat minat pendidikan vokasi di Gresik dan sekitarnya. Ternyata, minatnya terbilang cukup bagus. Dari tiga prodi baru dengan pagu 30 mahasiswa, jumlah pendaftarnya masing-masing ada 100 pendaftar. Sedangkan prodi lama, yakni D-3 Keperawatan dengan pagu 100 mahasiswa, terdapat 400 pendaftar.

Fakultas Vokasi Unair sendiri memiliki 20 prodi. Khusus untuk departemen kesehatan, terdapat delapan prodi. ‘’Di Fakultas Vokasi itu ada tiga departemen. Yakni, departemen bisnis, teknik, dan kesehatan. Tahun depan mungkin kami buka prodi dari departemen lain sambil melihat minat, sebelum dibangun tower di Gresik,” ucapnya.

Pemkab Gresik juga sangat mendukung rencana pengembangan vokasi Unair tersebut. Salah satunya mempersiapkan SDM untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, di JIIPE Manyar. Di kawasan tersebut juga bakal dibangun industri smelter PT Freeport Indonesia bekerja sama dengan PT Cyoda International Indonesia.


Unair Bakal Bangun Tower untuk Kampus di Gresik