Kampung Kreasi Ini Masuk 100 Besar Desa Wisata Se-Indonesia

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kampung Kreasi Ini Masuk 100 Besar Desa Wisata Se-Indonesia


JawaPos.com – Patut dicontoh oleh kampung-kampung lain di wilayah perkotaan. Memiliki konsep pertanian perkotaan atau urban farming, Kampung Kreasi, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, masuk 100 besar mewakili Kabupaten Gresik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Memang cukup unik Kampung Kreasi itu. Jika dilihat dari Jalan Kramat Langon, deretan bibit sayuran sudah terlihat di pinggir jalan. Begitu pula ketika masuk ke kampung.

Para pengunjung harus berjalan kaki. Gangnya sempit, hanya memiliki lebar 1,5 meter. Tapi, dengan berjalan kaki itu, pengunjung bisa menikmati keasrian kampung di wilayah perkotaan.

Betapa tidak, sepanjang jalan di gang-gang kampung hampir tidak memiliki sela ruang. Hanya diisi pot-pot tanaman hingga hidroponik. Rumah-rumah di perkotaan yang cenderung kumuh sangat tidak terasa di Kampung Kreasi itu.

Selain rumah-rumahnya dipenuhi tanaman, rumah warga pun tampak warna-warni. Belum lagi ketika mata diarahkan ke atas, hiasan-hiasan dari kerajinan barang bekas tampak rapi.

Selasa siang (24/8) kampung yang tak jauh dari laut itu cukup panas. Tapi, ibu-ibu warga Kampung Kreasi tengah bersantai di teras bersama para anak-anak. Mereka mengobrol sekaligus memperhatikan pertumbuhan tanaman.

’’Memang di sini tanaman sangat dijaga, bahkan ada pembibitannya. Tidak ada rumah yang tidak punya tanaman,” kata Ketua Karang Taruna Sidokumpul Imam Wahyu.

Imam menjelaskan, ide Kampung Kreasi itu berawal dari Kopi Sampah (Kopsam). Yakni, warung kopi gratis ketika menukarkan sampah yang dikelola karang taruna. Karena ada pemilahan sampah, barang yang bisa didaur ulang itu akhirnya dibuat kerajinan oleh warga.

’’Hasilnya ada meja-kursi teras, pot, lampion, dan masih banyak lagi yang memiliki nilai jual tinggi,” ucap Imam.

Sayang, Kampung Kreasi yang baru dibuka 2020 itu harus terdampak pandemi. Sudah setahun lebih akses wisatanya ditutup. Padahal sebelumnya, banyak sekali pengunjungnya, terutama rombongan siswa yang belajar seputar tanaman. Bahkan, sudah dikunjungi wisatawan dari luar kota di Jawa Timur.

’’Kami ada paket. Wisatawan yang ke sini itu pasti pulangnya kami beri oleh-oleh tanaman agar bisa mengaplikasikannya di rumah masing-masing. Kemudian, juga ada oleh-oleh daur ulang sampah itu,” imbuh Imam.

Perlu diketahui, Kampung Kreasi masuk 100 besar mewakili Kabupaten Gresik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Sebelumya, ada tiga desa di Kabupaten Gresik yang berhasil masuk 300 besar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Gresik Agustin Haloman Sinaga menerangkan, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 itu bertujuan mewujudkan desa wisata berkelas dunia.

’’Itu pesan Kemenparekraf RI Sandiaga Salahudin Uno bahwa desa wisata juga akan berdaya saing dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit meski masih dalam tahap kurasi,’’ ujar Sinaga.

Sebelumnya, Menparekraf RI telah mengumumkan 300 besar desa wisata yang masuk kandidat penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Dari seluruh provinsi di Indonesia berdasar penilaian dewan kurator, ada tujuh kategori penilaian, klasifikasi desa wisata, dan kelengkapan data melalui website jejaring desa wisata.


Kampung Kreasi Ini Masuk 100 Besar Desa Wisata Se-Indonesia