Lima Klub Belum Lengkapi Kuota Penggawa Asing

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Lima Klub Belum Lengkapi Kuota Penggawa Asing


JawaPos.com-Setiap klub mendapat kuota empat pemain asing. Tapi, masih banyak klub yang belum melengkapi jatah tersebut. Padahal, besok kickoff Liga 1 sudah digelar.

PSM Makassar, misalnya. Tim berjuluk Juku Eja itu hanya memiliki dua pemain asing. Mereka adalah Wiljan Pluim dan Anco Jansen. Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda pihak manajemen bakal merekrut pemain asing anyar.
Padahal, PSM sempat dikaitkan dengan Serif Hasic dan Bojan Malisic.

Kebetulan, dua stoper itu sama-sama berstatus tanpa klub. Tapi, tidak ada pertanda keduanya akan datang. Jika sesuai jadwal, PSM akan menghadapi tim kuat Arema FC dalam laga perdana.

Menanggapi hal itu, pelatih PSM Milomir Seslija memilih kalem. ’’Mereka (Arema FC) mulai dari nol lagi. Sama seperti kami. Baik PSM maupun Arema sama-sama memiliki masalah,” lanjut Milo.

Soal komposisi yang hanya dua pemain asing, Milo juga tidak mau sambat. Milo akan memanfaatkan pemain yang ada. Termasuk penggawa muda.

’’Kami akan lihat siapa yang cepat beradaptasi dengan tim dan siapa yang butuh waktu lagi,’’ jelas pelatih asal Bosnia-Herzegovina itu.

Kondisi serupa terjadi pada PS Sleman. Mereka baru memiliki dua pemain asing. Yakni, Aaron Evans dan Mario Maslac. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda manajemen akan mendatangkan pemain asing.

Madura United juga sama. Mereka baru ditinggal Jacob Pepper. Bedanya, manajemen Madura United sudah punya calon pemain asing baru.

Hal yang sama terjadi di Persela Lamongan. Slot empat pemain asing untuk sementara belum dilengkapi oleh Laskar Joko Tingkir. Perginya Brian Fereira ke PSIS Semarang membuat skuad saat ini menyisakan tiga pemain asing. Yakni, Demerson Bruno Costa, Ivan Carlos, dan Guilherme Batata.

Pelatih Persela Iwan Setiawan mengungkapkan, selama belum ada pemain asing pengganti Brian, dirinya akan memanfaatkan skuad yang ada. Beruntung, hadirnya Gian Zola sedikit menutup kekurangan perginya Brian sejauh ini. ’’Zola mainnya sangat bagus. Umpan-umpannya juga baik. Dia bisa jadi opsi,’’ bebernya.

Tapi, jika mau jujur, Iwan memang berharap ada tambahan pemain asing. Berposisi yang sama dengan Brian, yakni second striker. ’’Itu untuk mengantisipasi jika Ivan belum pada top performance-nya. Tapi, saya berharap dan yakin Ivan bisa menunjukkan penampilan terbaiknya ketika bertanding di Liga 1 nanti,’’ tuturnya.

Persipura juga jadi salah satu tim yang belum melengkapi slot pemain asing. Mereka memiliki Henrique Motta (Brasil), Takuya Matsunaga (Jepang), dan Yevhen Bokhashvilli (Ukraina).

’’Semoga ada mukjizat dalam waktu dekat buat kita dapat pemain asing keempat. Kemungkinan itu ada,’’ kata pelatih Persipura Jacksen F. Tiago.

Namun, Jacksen belum membocorkan pemain di posisi mana dan negara mana yang sedang diincarnya. ’’Tidak ada bocoran. Sesuatu yang bocor itu barang yang rusak. Jadi, tidak ada bocoran,’’ sebutnya.

Selain itu, perihal skuad lokal, Jacksen mengaku masih membutuhkan beberapa pemain. Namun, bergeliatnya tim-tim Liga 1 dan Liga 2 musim ini membuatnya cukup sulit mendatangkan pemain lokal mumpuni.

’’Selain Liga 1, ada Liga 2 yang memiliki finansial baik. Jadi, pemain susah didapat,’’ katanya.


Lima Klub Belum Lengkapi Kuota Penggawa Asing