Penajam Bangun Tower Lebih Tinggi dari Monas dengan Biaya Rp 150 M

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Penajam Bangun Tower Lebih Tinggi dari Monas dengan Biaya Rp 150 M


JawaPos.com–Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berencana membangun Tower Penajam yang lebih tinggi dari Tugu Monas (Monumen Nasional) di Jakarta. Diperkirakan pembangunan tersebut menelan biaya mencapai lebih kurang Rp 150 miliar. Tinggi Tower Penajam yang bakal dibangun di kawasan stadion tersebut sekitar 150 meter lebih tinggi dari Tugu Monas di Jakarta 132 meter.

Pembangunan Tower Penajam yang diperkirakan menelan anggaran ratusan miliar rupiah itu menjadi sorotan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara. Sebab, saat ini kondisi keuangan pemerintah kabupaten setempat sedang tidak baik.

”Pembangunan tower adalah kewenangan pemerintah kabupaten, tapi dengan kondisi keuangan saat ini diutamakan yang bersifat prioritas,” ujar Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Jon Kenedi seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, pemerintah kabupaten harusnya lebih fokus pada kegiatan yang dapat dilaksanakan sesuai ketersediaan anggaran di kas daerah. Pembangunan Tower Penajam memang baru rencana, menurut Jon Kenedi, seharusnya tetap melihat kondisi keuangan di kas Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

”Kalau anggaran tidak memadai jangan dipaksakan, karena masih membutuhkan dana untuk membiayai kegiatan lain yang prioritas,” jelas Jon Kenedi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara Edi Hasmoro saat dikonfirmasi menyatakan, pembangunan Tower Penajam diperkirakan membutuhkan anggaran hingga lebih kurang Rp 150 miliar. Pembangunan Tower Penajam di kawasan Stadion Penajam di Kilometer 9 Nipah-Nipah Kecamatan Penajam tersebut dibiayai dengan skema anggaran tahun jamak (multiyears).

Pengumuman LPSE (lembaga pengadaan secara elektronik) Kabupaten Penajam Paser Utara menyebutkan, perencanaan pembangunan Tower Penajam dianggarkan pada tahun ini (2021). Anggaran dalam HPS (harga perkiraan sendiri) lelang paket kegiatan perencanaan pembangunan Tower Penajam sekitar Rp 3,7 miliar dan lelang dimenangkan PT Pandu Perkasa dengan nilai sekitar Rp 2,9 miliar.


Penajam Bangun Tower Lebih Tinggi dari Monas dengan Biaya Rp 150 M