Hindari Plagiasi, Nama dan Logo Persela Dipatenkan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hindari Plagiasi, Nama dan Logo Persela Dipatenkan


JawaPos.com – Manajemen Persela di bawah naungan PT Persela Jaya mematenkan nama dan logo Persela. Upaya tersebut dilakukan untuk menghindari plagiasi dan memperkuat citra Persela yang merupakan klub milik masyarakat Lamongan sepenuhnya.

”Segala macam penggunaan nama dan logo pada jersey maupun atribut lainnya akan menjadi hak PT Persela Jaya,’’ tutur Kadiv Yankumham Kanwil Kemenkumham Jatim Subianta Mandala kepada Jawa Pos Radar Lamongan kemarin (25/8).

Selain Persela, terang dia, ada 50 merek lain yang mendapatkan sertifikat secara simbolis. Dia mengatakan, merek berupa nama dan logo Persela mulai didaftarkan ke Ditjen KI melalui Kanwil Kemenkumham Jatim tahun lalu.

”PT Persela Jaya akan memiliki hak ekonomi untuk menggunakan nama dan logo Persela. Pihak lain tidak bisa sembarangan mengeluarkan produk dengan nama dan logo Persela,’’ terang Subianta.

Sementara itu, Dirjen Kekayaan Intelektual Freddy Haris menjelaskan, pematenan merek cukup penting dari segi bisnis dan sisi kriminalnya. Dengan demikian, siapa pun tidak akan bisa mengubah ataupun menjiplak nama dan logo Persela karena sudah dipatenkan secara hukum.

”Semuanya harus diedukasi. Pentingnya mendaftarkan merek, tapi jangan dilupakan juga bahayanya jika melakukan pelanggaran hukumnya,’’ terangnya.

Manajer Persela Edy Yunan Achmadi mengaku bersyukur. Sebab, pihaknya sudah menunggu lebih dari setahun untuk mendapatkan sertifikat nama dan logo Persela.

”Kami memang mengurus sejak awal tahun lalu. Alhamdulillah, sekarang sudah resmi, setelah keluar sertifikat dari Kemenkumham,’’ ujar anggota Exco PSSI Jatim tersebut.

Yunan mengatakan, pengurusan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) cukup penting. Diharapkan, lanjut dia, dapat menghindari adanya penjiplakan logo dan nama oleh pihak lainnya. ”Ini sebagai langkah untuk menjadikan Persela semakin profesional lagi,’’ imbuh Yunan.

Sebagaimana diketahui, sejumlah nama klub berpotensi berubah ketika terjadi perpindahan kepemilikan. Yunan berharap, nama Persela tetap akan melekat menjadi klub kebanggaan masyarakat Lamongan.

”Itu menjadi tujuan utama kami,’’ terang Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lamongan tersebut.


Hindari Plagiasi, Nama dan Logo Persela Dipatenkan