Penggal Pidato Presiden Jokowi untuk Bikin Hoax

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Penggal Pidato Presiden Jokowi untuk Bikin Hoax


PERTEMUAN saya dengan Ibu Rula Ghani, istri dari Presiden Afghanistan Ashraf Ghani. Empat puluh tahun yang lalu saya nyetir mobil dari Kabul. Aman tenteram, tidak ada masalah,” begitu cuplikan ucapan Presiden Jokowi dalam video yang diunggah akun Facebook Yarpin Syalim Siregar pada 24 Agustus 2021. Suara Presiden Jokowi itu seperti menjadi narasi video pertemuan antara dirinya dan Ashraf Ghani.

Lalu, akun-akun Facebook Yarpin Syalim Siregar mengomentari suara Presiden Jokowi itu dengan nada mengolok-olok. ”Ngibulnya Melebihi Dosis. Si Raja Ngibul Bikin Hoax Lagi. 40 tahun yg lalu jokowi ketemu istri presiden Afghanistan Asraf Ghani. Laaaaah… 40 thn yg lalu jokowi siapaa?? Gak ada yg kenal Diaa!!! Boro2 istri presiden Afghanistan, lurah lenteng agung aja gak kenal jokowi!,” tulis akun tersebut (bit.ly/JokowiBuatHoax).

Saat ditelusuri, dalam suara Presiden Jokowi yang digabung dengan video tersebut, ada yang dihilangkan. Presiden memang pernah menceritakan pertemuannya dengan istri Ashraf Ghani. Tapi, itu tidak terjadi 40 tahun lalu. Yang disebut Jokowi 40 tahun lalu adalah pengalaman istri Ghani saat hidup di Afghanistan yang damai.

Presiden mengisahkan pertemuan dengan istri Ashraf Ghani saat berpidato di Munas NU 2019 di Banjar, Jawa Barat. Video tersebut ditayangkan di kanal YouTube NU Channel pada 8 Maret 2019. Kisah pertemuan dengan Rula Ghani itu ada di menit 6:00.

”Sedikit saya ingin bercerita mengenai pertemuan saya dengan Ibu Rula Ghani, ini adalah istri dari Presiden Afghanistan Ashraf Ghani. Apa yang beliau ceritakan kepada saya,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Dia lantas menirukan ucapan Rula Gani yang menyebut bahwa 40 tahun lalu Afghanistan adalah negara yang aman dan tenteram. ”Afghanistan itu negara kaya, memiliki deposit emas terbesar, termasuk terbesar di dunia, memiliki deposit minyak dan gas, juga termasuk terbesar di dunia. Empat puluh tahun yang lalu saya menyetir mobil di Kota Kabul atau dari Kabul ke kota-kota yang lainnya itu aman, tenteram, tidak ada masalah,” ujar Jokowi menirukan ucapan Rula Ghani. Anda dapat membacanya di bit.ly/PidatoJokowi2019.

Bisa dipastikan bahwa ucapan Presiden Jokowi dalam video yang diunggah akun Facebook Yarpin Syalim Siregar sudah dipenggal untuk dijadikan hoax. Jokowi sebenarnya menceritakan ulang pengalaman Rula Ghani di Afghanistan 40 tahun lalu. Namun, akun Yarpin Syalim Siregar membuatnya seolah-olah cerita itu adalah pengalaman Jokowi di Afghanistan 40 tahun lalu.

Nah, naskah pidato lengkap Presiden Jokowi itu dituliskan dalam situs milik Sekretariat Kabinet RI dan dipublikasikan pada 27 Februari 2019. Selengkapnya, Anda dapat membacanya di bit.ly/NaskahPidatoAsli.

FAKTA

Ucapan Presiden Jokowi sebenarnya menceritakan pengalaman istri Presiden Ashraf Ghani, Rula Ghani, tentang Afghanistan yang tenteram dan damai 40 tahun lalu.


Penggal Pidato Presiden Jokowi untuk Bikin Hoax