Sasar Warga Desa, Parpol-Parpol di Gresik Bantu Percepatan Vaksinasi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sasar Warga Desa, Parpol-Parpol di Gresik Bantu Percepatan Vaksinasi


JawaPos.com- Perlahan tapi pasti, jumlah warga Kabupaten Gresik yang telah tervaksin semakin bertambah. Upaya untuk menggenjot cakupan vaksinasi agar terbentuk herd immunity (kekebalan komunal) itupun terus dilakukan banyak kalangan. Termasuk dari partai politik (parpol).

Hampir semua parpol peraih kursi di DPRD Gresik ikut andil. Mereka mengajak pengurus, konsituen, dan warga untuk mengikuti suntikan imunisasi tersebut. Kamis (26/8), misalnya. Giliran Partai Gerindra juga telah melaksanakan vaksinasi masal di Benjeng dan Kedamean.

Menurut dr Asluchul Alif, ketua DPC Partai Gerindra Gresik, pada tahap awal ini pihaknya telah membantu percepatan vaksinasi untuk 1.000 warga. Sebetulnya, jika saja ada ketersediaan dosis vaksin, pihaknya sangat siap untuk melakukan vaksinasi dengan jumlah lebih banyak.

‘’Kami sudah koordinasi dengan teman-teman di DPR RI untuk mengupayakan droping vaksin,’’ ujar direktur RS Fathma Medika itu.

Alif menambahkan, Gerindra berterima kasih kepada Bupati Fandi Akhmad Yani dan Kepala Dinkes Pemkab Gresik drg Saifudin Ghozali karena telah difasilitasi untuk membantu percepatan vaksinasi tersebut. ‘’Kami begerak ke desa-desa dan semoga Gresik segera tercapai 100 persen warganya tervaksin. Namun, masyarakat yang sudah tervaksin naupun belum tetap jaga selalu protokol kesehatan,’’ ungkapnya.

Sebelumnya, PKB, Golkar, dan Nasdem juga telah melaksanakan vaksinasi. Untuk PKB, menggelar serbuan vaksin dosis pertama di tiga lokasi mulai Rabu (25/8). Yakni, wilayah utara di Kecamatan Sidayu, tengah di kantor DPC PKB Gresik Jalan RA Kartini, Kebomas, dan di selatan ditempatkan di Menganti.

Menurut Jazilul Fawaid, wakil ketua MPR RI dari PKB, pada awal pelaksanaan program vaksinasi banyak masyarakat takut divaksin dengan sejumlah alasan. Di antaranya, mempertanyakan kehalalan hingga keamanannya. Namun, saat ini kepercayaan publik terhadap vaksin Covid-19 terus meningkat. Di mana-mana antuasiasme masyarakat terhadap vaksin tinggi.

Sayangnya, saat ini banyak daerah masih kekurangan dalam hal ketersediaan dosis vaksin. Karena itu, Jazil berharap pemerintah juga mencukupi dan mempercepat distribusi vaksin ke daerah-daerah. ‘’Ini terus kita upayakan untuk ditambah sehingga seluruh masyarakat dari kelompok mana pun, tidak pilih-pilih, bisa divaksin sehingga tercipta herd immunity,” kata Jazil saat hadir dalam pelaksanaan vaksinasi di Sidayu.

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sampai Kamis (26/8), capaian vaksinasi di Kabupaten Gresik untuk dosis pertama telah menyasar ke sebanyak 334.841 persen atau masih 33,10 persen. Sedangkan penyuntikan dosis kedua 128.911 orang ataua 12,74 persen. (yog)


Sasar Warga Desa, Parpol-Parpol di Gresik Bantu Percepatan Vaksinasi