Hujan Deras Guyur Kawasan Semeru pada Selasa Malam, Bikin Warga Panik

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hujan Deras Guyur Kawasan Semeru pada Selasa Malam, Bikin Warga Panik


JawaPos.com–Hujan deras mengguyur pemukiman di kawasan sekitar Gunung Semeru. Termasuk di wilayah Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Selasa (7/12) sekitar pukul 19.00 WIB.

Hujan berlangsung sekitar satu jam hingga membuat beberapa warga panik. Sejumlah warga memilih pergi ke tempat pengungsian saat hujan agak reda. Warga juga berkoordinasi dengan perangkat desa.

Alat komunikasi berupa HT milik relawan yang bertugas terus didengarkan seksama sembari menunggu perkembangan dari petugas di posisi yang lebih atas, khususnya dari kawasan Kecamatan Pronojiwo.

Saat hujan reda, jalanan utama depan balai desa sempat dilewati truk-truk besar mengangkut alat berat seperti ekskavator maupun jenis lainnya. ”Alat berat diminta turun dulu sementara, ke tempat lebih aman,” kata salah seorang pengemudi atau operator alat berat saat ditanya alasannya.

Sementara itu, salah seorang relawan menytakan, usai hujan sempat terjadi banjir bandang di aliran sungai. Namun tidak sampai menuju Desa Sumberwuluh.

”Di atas juga masih hujan deras dan volume air terus meningkat. Banjir di sungai tapi diperkirakan tidak sampai Sumberwuluh,” terang dia.

Pada Sabtu (4/12) sore, terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang mengeluarkan awan panas dan berdampak pada daerah di sekitar gunung setinggi 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut. Ratusan warga terpaksa harus mengungsi ke berbagai tempat aman untuk menghindari awan panas di gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu.


Hujan Deras Guyur Kawasan Semeru pada Selasa Malam, Bikin Warga Panik