Ridwan Kamil Sopiri Sri Sultan HB X di Bandung

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ridwan Kamil Sopiri Sri Sultan HB X di Bandung


JawaPos.com–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi sopir dadakan bagi Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (HB X) bersama istri yang berkunjung ke Kota Bandung, Selasa (7/12). Ridwan Kamil bersama istri, Atalia Praratya Kamil, mengajak Sri Sultan dan Ratu Hemas bernostalgia di Kota Kembang Bandung.

Kedatangan Sri Sultan dan Ratu Hemas di Kota Bandung merupakan kunjungan balasan, setelah Ridwan Kamil berkunjung ke Jogjakarta pekan lalu. Saat itu, Ridwan Kamil berjanji akan mengantarkan Sri Sultan dan Ratu Hemas menyusuri tempat favorit keduanya di Bandung.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menjemput Sri Sultan dan Ratu Hemas dengan mengendarai mobil listrik. Keduanya lalu berkeliling Kota Bandung dan singgah di Rumah Makan Ayam Panaitan untuk menyantap makan siang. Tempat makan yang sudah berdiri sejak 1965 tersebut ternyata punya sejarah bagi Sultan dan Ratu Hemas.

”Karena istri saya dulu anak tentara, tugasnya kan di Bandung dan punya perumahan di daerah Cibeunying situ. Tadi lewat situ tapi sudah berubah semua, mungkin ya sudah 50 tahun yang lalu. Makanya sering ke sini dulu,” kata Sri Sultan seperti dilansir dari Antara.

Ridwan Kamil mengaku terkesan atas kunjungan balasan dari Sultan HB X ke Kota Bandung. Selama dalam perjalanan dia memperoleh banyak kisah nostalgia baik dari Sri Sultan maupun Ratu Hemas saat menetap di Bandung.

”Ya pokoknya saya jadi sopir. Mudah-mudahan sesuai aplikasi,” ucap Kang Emil.

Ridwan Kamil mengajak Sri Sultan dan Ratu Hemas berkeliling ke Taman Cibeunying, Taman Cihapit, dan Gedung Merdeka. ”Tadi keliling dulu, beliau suka ke rumah Gusti Ratu dulu. Karena Ratu Hemas ini dulu orang tuanya dinas di Bandung sebelum menikah. Nah, Ngarso Dalem sering mengapeli, jadi tadi kita lewat ke Taman Cibeunying, terus kita ke Taman Cihapit ternyata Ratu Hemas dulu sering belanja jalan kaki ke Cihapit,” tutur Kang Emil.

Sementara itu, Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan pesan khusus untuk Gubernur Ridwan Kamil. Yakni sebagai pemimpin muda harus terus membangun kapasitas dengan menunjukkan konsistensi dan menghasilkan kebijakan yang sesuai harapan masyarakat.

”(Pesan), Saya kira membangun kapasitas integritas. Saya kira itu memang sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Menurut Sultan, dibutuhkan konsistensi dan pola pikir yang mendekati harapan warga, masyarakat secara umum. Jika Kang Emil, dapat menunjukkan konsistensi sekaligus keberpihakan pada masyarakat dalam memimpin, lanjut Sultan, akan menumbuhkan kepercayaan. ”Asal itu bisa ditepati, otomatis yang dibangun pasti akuntabilitas, sudah itu saja,” ucap Sultan.

Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama Gusti Kanjeng Ratu Hemas mengunjungi Kota Bandung untuk menghadiri Gempita Budaya di Gedung Sate, Kota Bandung. Gempita Budaya merupakan rangkaian muhibah budaya antara Pemprov Jabar dan Pemprov Daerah Istimewa Jogjakarta.


Ridwan Kamil Sopiri Sri Sultan HB X di Bandung