Sesudah Terjadi Kebakaran, Ini yang Perlu Diperhatikan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sesudah Terjadi Kebakaran, Ini yang Perlu Diperhatikan


JawaPos.com – Kebakaran terjadi di kawasan Tambora, Jakarta Barat pada Rabu (8/12). Dalam kejadian tersebut, empat rumah terbakar dengan satu keluarga, terdiri dari lima penghuni meninggal dunia.

Pengamat Tata Kota Yayat Supriyatna pun mengingatkan tindakan yang perlu dilakukan pasca kebakaran, utamanya dalam pembangunan ulang rumah. Perlu diperhatikan lagi tingkat keamanannya.

“Kalau terjadi di kawasan sering kebakaran biasanya sesudah terjadi kebakaran, orang lupa bahwa ketika dibangun kembali itu harus diawasi, dibantu, didampingi agar tidak terjadi kebakaran lagi,” jelasnya ketika dihubungi JawaPos.com, Rabu (8/12).

Salah satu yang wajib diperhatikan adalah instalasi listrik di rumah tersebut, begitu juga untuk pembuatan jalur darurat. Jangan sampai kejadian serupa terulang kembali.

“Satu hal yang diperhatikan itu adalah listriknya, jangan sampai pengaman tidak berfungsi atau beban bermasalah, sama sistem evakuasi yang kadang-kadang karena kondisi rawan sosial banyak yang membuat pagar yang menutup rumahnya sehingga menyulitkan (evakuasi apabila terjadi kebakaran),” terang Yayat.

Perlu juga adanya penguatan ditingkat RT dan RW terkait kesigapan dan penanganan apabila terjadi kebakaran. Hal ini harusnya menjadi salah satu bentuk edukasi di suatu lingkungan.

“Jadi itu penting buat kita untuk sama-sama masalah kebakaran harus diingatkan supaya tidak terlena. Harus disosialisasikan terus menerus,” tutupnya.


Sesudah Terjadi Kebakaran, Ini yang Perlu Diperhatikan