Ada Varian Covid-19 Omicron, Turnamen IYC dan Launching JIS Ditunda

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ada Varian Covid-19 Omicron, Turnamen IYC dan Launching JIS Ditunda


JawaPos.com – Pemprov DKI Jakarta bersama Pemprov Bali dan Pancoran Soccer Field (PSF) sepakat menangguhkan turnamen International Youth Championship (IYC) 2021 Bali-Jakarta. Selain itu Soft Launching Jakarta International Stadium (JIS) yang rencananya akan digelar pada awal Desember 2021 juga ikut ditunda.

Penundaan ini dipengaruhi oleh ditemukan varian baru Omicron di sejumlah negara. Kondisi ini dianggap mengancam keselamatan masyarakat jika virus jenis baru tersebut masuk ke Indonesia.

“Langkah kewaspadaan tidak boleh dikendorkan. Terutama, dengan berita perkembangan varian Omicron di luar negeri,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam siaran virtual, Jumat (3/12).

Keputusan menangguhkan pelaksanaan IYC 2021 yang sedianya akan diselenggarakan pada 4-11 Desember 2021 di Bali dan Jakarta juga merupakan bagian dari langkah Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung arahan Pemerintah Pusat terkait penundaan kedatangan warga asing ke Indonesia.

“Kami mengapresiasi sikap Pemerintah Pusat yang berhati-hati ini, terutama dalam memilih untuk ketat menjaga perbatasan, sangat ketat membatasi kegiatan dengan peserta dari luar negeri, dan juga ketat membatasi kegiatan yang dapat menimbulkan daya tarik bagi publik untuk mengikuti. Lebih baik mencegah kebocoran sekecil apapun sejak saat ini hingga kita semua memastikan Omicron terkendali,” kata Anies.

Sementara itu, Gubernur Bali, Wayan Koster menyebut kemunculan varian baru Omicron ini menjadi perhatian serius dari Pemerintah Pusat dan daerah. Jika tidak diantisipasi, maka bisa membahayakan.

“Belajar dari pengalaman negara lain yang warganya sudah menjalani vaksinasi lengkap dengan persentase yang cukup tinggi dan sudah sempat melandai kasusnya, tiba-tiba melonjak lagi karena lalai dengan varian baru ini,” kata Wayan Koster.

Sementara itu, Chairman Pancoran Soccer Field, Gede Widiade menjelaskan, keputusan penundaan turnamen IYC 2021 Bali-Jakarta ini telah dikoordinasikan kepada ketiga klub yang semula akan bertanding. Seluruh pihak juga telah memberikan surat konfirmasi kembali untuk tetap berkomitmen mengikuti International Youth Championship di tahun 2022 mendatang.

“Kami sudah saling berkabar dengan rekan-rekan di Eropa yang memang ternyata perkembangan varian Omicron ini sangat cepat dan dahsyat dampaknya,” kata Gede.

Di sisi lain, terkait rencana Soft Launching JIS yang ditunda pelaksanaannya, Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board), Novita Dewi menghargai tindak cepat Pemerintah di dalam merespons perkembangan pandemi. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh kolaborator yang terlibat dan tetap semangat mendukung proses penyelenggaraan acara.

“Tentunya, kita juga tetap berbangga dan berbahagia karena memiliki fasilitas olahraga dan hiburan berkelas internasional. Untuk itu, kami mengimbau kepada semua pihak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan agar situasi pandemi segera membaik,” tutup Novita.


Ada Varian Covid-19 Omicron, Turnamen IYC dan Launching JIS Ditunda