June 18, 2020 at 07:43AM - 5 Cara Pastikan Makanan Sehat Bergizi Cegah Covid-19 -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

5 Cara Pastikan Makanan Sehat Bergizi Cegah Covid-19

JawaPos.com – Era New Normal bukan berarti kota bisa terbebas dari Covid-19. Angka kasus yang terus bertambah setiap hari, mendorong siapa saja untuk konsisten mengonsumsi nutrisi dengan gizi seimbang setiap hari.

New Normal bisa dilakukan dengan memulai kebiasaan mengonsumsi makanan bergizi seimbang bisa membantu menyehatkan tubuh. Selain itu, cara menyajikan makanan pun perlu diperhatikan.

“Nilai nutrisi pangan terjaga dengan baik agar masyarakat tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit dan virus,” kata Corporate Quality Manager Nestlé Indonesia, Anas Noor Wahid, kepada wartawan, Rabu (17/6), dalam konferensi pers virtual Food Safety.

Direktur Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology Center (SEAFAST), Prof Nuri Andarwulan menjelaskan, kebiasaan makan sehat sudah banyak diterapkan oleh masyarakat. Namun, pandemi menyadarkan masyarakat untuk mengutamakan konsumsi makanan bergizi seimbang untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Penting makan dengan gizi seimbang, sesuaikan porsi makanan dengan konsep ‘Isi Piringku’, memperhatikan konsumsi GGL (gula, garam, lemak), mengatur jadwal makan besar dan snack, dan tidak lupa memerhatikan keamanan pangan,” tegasnya.

Menurut Prof Nuri ada 5 kunci keamanan pangan yang harus diterapkan masyarakat sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Apa saja?

1. Cuci Tangan

Yang pertama, mencuci tangan dan peralatan masak sebelum mengolah makanan.

2. Wadah Memasak Higienis

Pisahkan peralatan memasak (seperti pisau dan talenan) dan wadah untuk pangan mentah dan matang.

3. Masak dengan Matang

Masak dan konsumsi makanan dengan benar dan matang.

4. Simpan yang Baik

Simpan makanan dengan tepat agar bebas bakteri. Menyimpan makanan akan lebih baik sesuai dengan suhu aman yang dianjurkan.

5. Bahan Makanan yang Aman

Terakhir, selalu gunakan air dan bahan makanan yang aman, yang bebas dari cemaran fisik (kerikil, steples), biologis (rasa dan bau menyimpang), kimia berbahaya (pestisida, herbisida), dan menggunakan air jernih yang tidak berbau dan berasa.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

5 Cara Pastikan Makanan Sehat Bergizi Cegah Covid-19