Sultan Sepuh XIV Sebut Pengambilalihan Keraton Ulah Orang Iseng

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sultan Sepuh XIV Sebut Pengambilalihan Keraton Ulah Orang Iseng

JawaPos.com–Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, Arief Natadiningrat menyatakan, pengambilalihan tahta yang dilakukan seorang pria mengaku keturunan Sultan Sepuh XI Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin, merupakan tindakan iseng yang sangat tidak berdasar. Dalam video yang beredar di media sosial, pria yang mengaku sebagai keturunan Sultan Sepuh XI Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin mengatakan, mulai Sabtu (27/6) telah mengambil alih Keraton Kasepuhan Cirebon.

”Tindakan tersebut (pengambilalihan Keraton Kasepuhan) merupakan tindakan iseng yang sangat tidak berdasar,” kata Sultan Arief seperti dilansir dari Antara di Cirebon.

Menurut Sultan, oknum tersebut bukan orang yang berhak atas tahta Keraton Kasepuhan Cirebon, baik secara silsilah, adat istiadat, serta tradisi yang berlaku secara turun temurun Kesultanan Kasepuhan Cirebon.

”Oknum itu bukan sultan juga bukan putra sultan. Yang berhak atas gelar sultan harus merupakan putra sultan, sesuai adat istiadat serta tradisi yang berlaku secara turun temurun di Keraton Kasepuhan Cirebon,” ujar Arief.

Sultan Arief mengatakan, segera mengambil jalur hukum atas beredarnya video pengambilalihan tahta karena sudah melanggar hukum. ”Kejadian ini layak dilaporkan secara hukum ke kepolisian,” ucap Sultan Arief.

Arief mengatakan, perbuatan orang yang mengaku sebagai keturunan Sultan XI Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin telah melanggar hukum. Di mana oknum tersebut dan kawan-kawannya, telah mencemarkan nama baik Keraton Kasepuhan Cirebon, selain itu juga masuk ke dalam keraton tanpa izin.

”Mereka juga melakukan ancaman pembunuhan dan telah menyiarkan berita kebohongan, oleh karenanya telah melanggar UU ITE dan KUHP yang masuk ranah pidana,” ujar Arief.

Sebelumnya beredar video terkait pengambilalihan dan juga penyegelan Dalem Arum Keraton Kasepuhan, serta penurunan foto Sultan Sepuh XIV Arief Natadiningrat oleh seorang yang mengaku sebagai keturunan sah dari Sultan XI. Selain itu, dalam video yang beredar di media sosial pria yang mengaku sebagai keturunan Sultan Sepuh XI Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin mengatakan bahwa pihaknya mulai Sabtu (27/6) telah mengambil alih Keraton Kasepuhan Cirebon.

”Hari ini Sabtu tanggal 27 Juni 2020. Kami keturunan asli dari Sultan Sepuh XI Jamaludin Aluda Tajul Arifin. Dengan ini, kami menyatakan mengambil alih Keraton Kasepuhan dari tangan saudara Arief. Demikian statemen kami buat untuk disebarluaskan ke Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat dan masyarakat Kota Cirebon,” kata pria tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Sultan Sepuh XIV Sebut Pengambilalihan Keraton Ulah Orang Iseng