Kasus Positif Covid-19 Sumsel Sentuh 2.000 Orang

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kasus Positif Covid-19 Sumsel Sentuh 2.000 Orang

JawaPos.com–Warga Sumatera Selatan terkonfirmasi positif Covid-19 kembali bertambah 50 orang sehingga total sampai Minggu (28/6) menjadi 2.000 orang dalam tempo 97 hari sejak kasus pertama diumumkan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan Yusri seperti dilansir dari Antara mengatakan, 50 kasus positif tambahan pada Minggu (28/6) berasal dari Kota Palembang (40 kasus), Banyuasin (empat), OKI (tiga), Ogan Ilir (dua), dan PALI (satu).

“Aktivitas masyarakat di luar rumah sudah semakin meningkat sehingga kontak antarorang juga meningkat. Kondisi ini mendorong timbulnya kasus baru terus bermunculan,” ujar Yusri.

Gugus tugas menolak disebut tidak berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19, menurut dia, pemerintah masih melakukan 3T (tracing, testing, dan treatment) serta terus mengedukasi masyarakat. Selain itu, mengawasi area-area publik agar kontak antarorang tidak meningkat signifikan.

Menurut dia, masyarakat memegang kunci keberhasilan dalam memutus mata rantai Covid-19. Jika semua telah mematuhi protokol kesehatan, kurva perkembangan kasus Sumsel dapat segera menurun dan tidak perlu mengalami gelombang kedua. ”Namun sejauh ini kurva kasus saja masih belum melandai, jadi belum bisa dikatakan mendekati gelombang kedua,” terang Yusri.

Meski kasus positif bertambah 50 orang, kasus sembuh juga bertambah 21 orang pada Minggu (28/6) semuanya berasal dari Kota Palembang. Sehingga, total kasus sembuh Sumsel mencapai 959 orang (47,9 persen). Namun kasus meninggal juga bertambah tiga orang dari Palembang (dua) dan Banyuasin (satu). Totalnya menjadi 84 orang (4,2 persen).

”Dengan demikian 1.043 kasus sudah dinyatakan selesai dan tersisa 957 kasus aktif di Sumsel,” ujar Yusri.

Sebanyak 957 kasus itu mendapat penanganan di Kota Palembang (770 kasus), disusul Kabupaten Banyuasin (66 kasus), OKI (42 kasus), Muara Enim (33 kasus), Lubuklinggau (delapan kasus), Kabupaten PALI (15 kasus), Musi Banyuasin (delapan kasus), Ogan Ilir (tujuh kasus), OKU Timur (lima kasus), serta Prabumulih dan Empat Lawang masing-masing satu kasus, khusus luar wilayah terdapat tiga kasus. ”Jika tidak mematuhi protokol kesehatan, kasus positif akan terus bertambah,” kata Yusri.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Kasus Positif Covid-19 Sumsel Sentuh 2.000 Orang