June 26, 2020 at 08:54AM - Temukan Batu Mulia Tanzanite, Pria Tanzania Beristri 4 jadi Miliarder -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Temukan Batu Mulia Tanzanite, Pria Tanzania Beristri 4 jadi Miliarder

JawaPos.com – Keajaiban dialami seorang penambang skala kecil di Tanzania. Hanya dalam semalam, sang penambang berubah menjadi miliarder setelah berhasil menemukan batu mulia Tanzanite.

Saniniu Laizer, nama penambang di Tanzania tersebut. Dia mendapatkan USD 3,4 juta atau setara Rp 47,6 miliar dari Kementerian Pertambangan Tanzania atas temuan batu permata yang memiliki berat 15 kilogram itu. Tanzanite hanya ditemukan di Tanzania utara dan digunakan untuk membuat ornamen atau aksesori.

“Besok akan ada pesta besar,” kata Laizer kepada BBC.

Tanzanite adalah salah satu batu permata paling langka di bumi. Seorang ahli geologi setempat memperkirakan pasokannya mungkin habis dalam 20 tahun ke depan.

Daya tarik batu mulia terletak pada ragam warnanya yakni hijau, merah, ungu, dan biru. Nilainya ditentukan berdasarkan kelangkaan. Semakin halus warna atau kejernihannya, semakin tinggi harganya. Dua batu mulia tersebut masing-masing memiliki berat 9,2 kg dan 5,8 kg.

Presiden John Magufuli menelepon Laizer dan mengucapkan selamat. Sang presiden berterima kasih karena Laizer membuktikan bahwa Tanzania negara kaya.

Sebelumnya pada 2017, Presiden Magufuli memerintahkan militer untuk membangun tembok sepanjang 24 km (14 mil) di sekitar lokasi penambangan Merelani di Manyara, yang diyakini sebagai satu-satunya sumber Tanzanite di dunia. Setahun kemudian, pemerintah melaporkan peningkatan pendapatan di sektor pertambangan dan menghubungkan kenaikan itu dengan pembangunan tembok tersebut.

“Ini adalah manfaat penambang skala kecil dan ini membuktikan bahwa Tanzania kaya,” kata Magufuli.

Magufuli berjanji melindungi kepentingan negara di sektor pertambangan dan meningkatkan pendapatan pemerintah dari sektor itu. Magufuli sendiri menjabat Presiden Tanzania sejak 2015.

Profil Laizer

Laizer, 52, tentu saja sangat beruntung. Sebagai penambang, dia memiliki empat orang istri. Dari pernikahannya tersebut dia dikaruniai 30 orang anak.

Dia mengatakan akan memotong salah satu sapi miliknya untuk merayakannya. Dia juga berencana untuk berinvestasi di komunitasnya di Distrik Simanjiro, Manyara.

“Saya ingin membangun pusat perbelanjaan dan sekolah. Saya ingin membangun sekolah di dekat rumah. Ada banyak orang miskin yang tidak mampu membawa anak-anak mereka ke sekolah,” kata Laizer.

“Saya tidak berpendidikan tetapi saya ingin anak-anak saya menjalankan bisnis secara profesional,” ungkapnya.

Dia mengatakan rejeki nomplok tidak akan mengubah gaya hidupnya. Dia berencana untuk terus menjaga 2 ribu sapi miliknya. “Negara ini cukup aman. Tidak akan ada masalah,” katanya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Temukan Batu Mulia Tanzanite, Pria Tanzania Beristri 4 jadi Miliarder