SDN Kaliasin 1 Tata Ulang Tempat Belajar, Satu Kelas Hanya 20 Siswa

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

SDN Kaliasin 1 Tata Ulang Tempat Belajar, Satu Kelas Hanya 20 Siswa

JawaPos.com – Beberapa sekolah bersiap jika memang pembelajaran segera berlangsung. Kesiapan tersebut, salah satunya, terlihat di SDN Kaliasin 1. Protokol kesehatan ketat mulai diterapkan.

Bangku dan meja mulai dikeluarkan. Kapasitas ruangan dikurangi 50 persen. Tak hanya itu, tempat cuci tangan juga disiapkan di depan ruang kelas. Termasuk alat pendeteksi suhu (thermal gun). ”Persiapan ini kami lakukan sejak seminggu lalu,” kata Perno Siswantoro, salah seorang guru SDN Kaliasin 1.

Menurut dia, siswa akan duduk sendiri dalam satu bangku. Kalaupun berupa bangku panjang, pihaknya sudah memberikan tanda silang. ”Jika sebelumnya muat 50 siswa, kini hanya 20 siswa,” lanjutnya.

Selain soal itu, dalam kegiatan belajar nanti, siswa juga wajib memakai masker dan face shield. Hal tersebut juga berlaku untuk guru. Sebab, banyak guru yang usianya tidak muda lagi. Sebelum masuk kelas, siswa melewati bilik disinfektan dan menggunakan hand sanitizer. Selanjutnya, dicek suhu tubuh.

Jika semua kondisinya baik, siswa baru akan masuk. Namun, jika ada yang sakit, akan ditangani petugas medis. Jam kegiatan belajar yang berlangsung juga diperpendek. ”Dengan begitu, siswa lebih cepat pulangnya,” kata Koordinator Kurikulum SDN Kaliasin 1 Firman Lubis.

Jam masuk siswa nanti dibuat dua gelombang. Masuk kelas dan belajar melalui daring. Dengan begitu, semua siswa memilki waktu sama untuk bertatap muka dengan guru.

Saksikan video menarik berikut ini:

SDN Kaliasin 1 Tata Ulang Tempat Belajar, Satu Kelas Hanya 20 Siswa