June 26, 2020 at 09:09AM - New Normal: Mobil-Mobil yang Diservis Disemprot Disinfektan Dua Kali -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

New Normal: Mobil-Mobil yang Diservis Disemprot Disinfektan Dua Kali

JawaPos.com – Sejumlah kantor dan bidang usaha mulai mempersiapkan penerapan new normal. Di sejumlah diler mobil, protokol kesehatan dijalankan dengan cukup ketat. Khususnya di bagian servis kendaraan. Mobil yang akan diservis wajib disemprot cairan disinfektan dua kali.

Public Relation & Digital Manager PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili mengatakan, penerapan protokol kesehatan di diler maupun showroom mobil sejatinya tidak terlalu sulit. Sebab, sebelum pandemi Covid-19, jumlah orang yang melakukan pembelian ke diler tidak banyak. Rata-rata beli mobil melalui sales marketing di lapangan.

Karyawan yang bertugas di diler maupun showroom juga tidak banyak. Apalagi, hampir semua diler memiliki gedung yang cukup luas. ”Jadi, sebetulnya tidak ada masalah untuk menjalankan protokol kesehatan di diler dan showroom. Untuk jaga jarak tidak sulit,” ujarnya kepada Jawa Pos, Rabu (24/6).

Meski demikian, protokol kesehatan tetap diberlakukan dengan ketat. Selain menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk diler, seluruh karyawan wajib mengisi survei untuk melihat tingkat kesehatan pekerja yang bertugas. Yang ditanyakan dalam survei tersebut seputar kondisi kesehatan dan perjalanan karyawan selama sehari sebelumnya.

Meski tidak terlalu ramai, konsep kursi tunggu yang dibatasi jaraknya juga diterapkan. Jadi, antara kursi yang satu dan yang lain diberi jarak 2 meter. Menurut Yulian, hal itu dilakukan sesuai anjuran dan peraturan dari pemerintah terkait physical distancing.

Penerapan protokol kesehatan di PT United Motors Company (UMC) Suzuki tidak kalah ketat. Misalnya, yang terlihat di kantor cabang Mayjen Sungkono.

Saat dikunjungi kemarin (24/6), petugas tampak menyemprotkan disinfektan ke beberapa mobil. Kendaraan yang hendak diservis itu disterilisasi terlebih dahulu.

Director Sales & Marketing PT UMC Suzuki Wilayah Jatim Fredy Teguh Prasetyo mengatakan, selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, penyemprotan tersebut wajib dilakukan. Bahkan, sejumlah protokol kesehatan lain turut dipatuhi. Mulai pemakaian masker hingga jaga jarak. ”Termasuk cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh,” terangnya.

Khusus karyawan, lanjut dia, pihaknya mewajibkan penggunaan face shield dan sarung tangan. Fredy menyampaikan, ada pembatasan jumlah pengunjung. Bahkan, pekerjanya juga dibatasi. Jam operasional dikurangi. Hal itu bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya kontak fisik.

Saat di ruang pamer mobil, para calon konsumen tetap dapat melihat-lihat mobil. Tidak ada larangan menyentuh atau mencoba duduk di dalam kendaraan. Nanti ada petugas yang langsung mensterilkan dengan cairan pembersih kuman.

Saksikan video menarik berikut ini:

New Normal: Mobil-Mobil yang Diservis Disemprot Disinfektan Dua Kali