Dewas KPK Periksa Saksi Tentang Penggunaan Helikopter oleh Firli

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Dewas KPK Periksa Saksi Tentang Penggunaan Helikopter oleh Firli

JawaPos.com – Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan, proses dugaan pelanggaran etik soal penggunaan helikopter swasta oleh Ketua KPK Firli Bahuri tidak hanya didasarkan pada keterangan Firli. Diketahui, Dewas KPK telah memeriksa Firli pada Kamis (25/6) soal penggunaan helikopter yang diduga milik swasta.

“Pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran kode etik, tentu tidak cukup didasarkan keterangan satu orang,” kata Anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris dikonfirmasi, Senin (29/6).

Haris menuturkan, Dewas yang mempunyai fungsi pengawasan terhadap kinerja pimpinan dan pegawai KPK akan mendalami laporan Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) soal penggunaan fasilitas mewah jenderal polisi bintang tiga tersebut.

“Dewas masih akan terus kumpulkan bukti dan meminta keterangan saksi-saksi dan pihak-pihak yang tahu, mendengar, melihat, dan/atau memiliki info terkait isu tersebut,” tegas Haris.

Sebelumnya, MAKI melaporkan Ketua Komisi KPK Firli Bahuri ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait dugaan pelanggaran etik. Laporan kali ini menyangkut dugaan gaya hidup mewah jenderal polisi bintang tiga itu.

“Hal ini bertentangan dengan kode etik pimpinan KPK dilarang bergaya hidup mewah apalagi dari larangan bermain golf. Pelarangan main golf karena dianggap bergaya hidup mewah telah berlaku sejak tahun 2004 dan masih berlaku hingga kini,” beber Boyamin.

Namun, Firli enggan mengomentari aduan masyarakat ke Dewas KPK. Dia berdalih, hanya fokus kerja pada penindakan dan pencegahan korupsi “Saya hanya kerja, dan kerja,” kata Firli dikonfirmasi, Jumat (26/6).

Jenderal polisi bintang tiga itu pun enggan memikirkan soal kritikan dan aduan masyarakat. Dia menyebut, waktunya akan habis jika mengomentari hal tersebut. “Masa waktu kita habis karena merespons kritikan dan aduan,” tukas Firli. (*)

 

Dewas KPK Periksa Saksi Tentang Penggunaan Helikopter oleh Firli